Berdampak Dengan Moralitas: Sebuah Tawaran Peran Misional Dalam Politik Praktis di Indonesia

Grets Janialdi Apner

Abstract


Kondisi perpolitikan di Indonesia beberapa tahun terakhir telah menampilkan dinamika kemajemukan yang ada dalam ruang publik. Salah satu faktor dinamika tersebut adalah penggunaan agama melalui politik praktis untuk mendapatkan kekuasaan politis yang berdampak pada proses komunikasi dan relasi masyarakat Indonesia yang heterogen. Oleh sebab itu, Artikel ini menawarkan sebuah rekonstruksi peran teologis-politik dari gereja di dalam politik praktis dengan menggunakan kritik Agustinus dalam civitas Dei dan konsep kehadiran Kristiani dalam ruang publik. Kekristenan di Indonesia memang tidak secara aktif terlibat dalam politik praktis, namun penulis berargumen bahwa peran kehadiran gereja dalam ruang publik politik melalui pembangunan moralitas yang bertanggung-jawab terhadap kemajemukan merupakan kehadiran Kristiani yang relevan dan efektif dalam politik praktis di Indonesia. Penulis akan melakukan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi politik dalam perspektif teologis dengan menelusuri pemikiran Agustinus dan teologi kehadiran Kristiani untuk mendapatkan usulan pembangunan spiritualitas serta moralitas yang membangun negara. Berdasarkan seluruh pembahasan tersebut, penulis membutikan bahwa Kekristenan dapat berkontribusi besar terhadap negara melalui pembangunan moralitas berbangsa yang menjaga pluralitas masyarakat Indonesia.


Keywords


kemajemukan; teologi politik; civitas dei.

Full Text:

PDF

References


Alwino, Alfensius. “Memahami Konsep Kepentingan Diri Menurut Agustinus dan Hobbes” Melintas 6, no. 3 (Agustus 2018):233-247.

Apner, Grets Janialdi. “Kehadiran Gereja dalam Kemajemukan Indonesia” Jurnal Teologi 7, no. 2 (November 2018): 185-196.

Chambers, Katherine. “Slavery and Domination as Political Ideas in Augustine’s City of God” The Heythrop Jourrnal, no. 54 (2013): 13-28.

Darmaputera, Eka. “Teologi politik” Dalam Yesus & politik: Sebuah bunga rampai, peny. Mianto Nugroho Agung dan Jeffrie A. A. Lempas. Jakarta: Komunitas NISITA, 2004.

Davies, Mervyn dan Graham Dodds. Leadership in the church for the people of hope. London: T&T Clark, 2011.

Dods, Marcus. “The City of God by Augustine” Dalam Great Books of The Western World: Saint Augustine: The Conffessions, The City of God, on Christian Doctrine, peny. Mortimer J. Adler. London: encyclopedia Britanica, 2003.

Gregory, Eric. Christianity, Democracy, and The Shadow of Constantine. New York: Fordham University Press, 2017.

Hakh, Samuel Benyamin. Merangkai Kehidupan Bersama Yang Pluralis dan Rukun: Suatu Pendekatan Biblis Kontekstual. Jakarta: Unit Publikasi dan Informasi Sekolah Tinggi Teologi Jakarta & BPK Gunung Mulia, 2017.

Lestari, Sri. 2017. “Isu SARA Meningkat di Pilkada DKI Jakarta, Salah Siapa?” BBC Indnonesia, 24 Maret 2017.

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-39372353

Levering, Matthew. “Linear and Participatory History: Augustine’s City of God” Journal of Theological Interpretation, no. 5 (Februari 2011): 175-196.

McPherson, C. W. “Augustine Our Contemporary” Dalam Cross Currents, no. 4 (Spring/Summer 2000): 170-173.

Metcalfe, Jeffrey S. “Hoping Without a Future: Augustine’s Theological Virtues Beyond Melancholia” The anglican theological review, no. 1 (Juli 2013): 235-250.

Patty, Albertus. “Kristen dan situasi politik: Indonesia kontemporer” Dalam Teologi politik: Agama-agama kekuasaan, peny. Einar M. Sitompul. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, 2004.

Ramadhani, T. A. Deshi. “Kekuasaan atau keadilan” Dalam Forum Biblika: Jurnal Ilmiah Populer, no. 21 (2007): 11-22.

Ranoh, Ayub. “Kristen dan Politik di Indonesia: Refleksi Historis” Dalam Teologi Politik: Agama-agama Kekuasaan, peny. Einar M.

Sitompul. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, 2009.

Rapar, J. H. Filsafat Politik: Plato, Aristoteles, Augustinus, Machiavelli. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001.

Schmandt, Henry J. Filsafat Politik: Kajian Historis dari Zaman Yunani Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Selbie, W. B. “Church Efficiency” The Biblical World, no. 5 (November 1917): 312-314.

Siburian, Togardo. “Melampaui Politisi, Menuju Negarawan: Refleksi Etis Kristiani” Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, no. 1 (April 2017): 64-93.

_____. “Menilik Praktik Perpolitikan Kristen Kekinian: Refleksi PascaPilpres 2019” Societas Dei 6, no. 2 (Oktober 2019): 152-167.

Sihombing, Edy Syahputra. “Pertumbuhan Kesadaran dalam Agama: Sebuah Tawaran,” Societas Dei 6, no. 2 (2019): 192-208.

Sunarko, A. “Ruang Publik dan Agama Menurut Habermas” dalam Ruang Publik: Melacak “Partisipasi Demokratis” dari Polis sampai Cyberspace (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2010): 219-240.

Susanta, Yohanes Krismantyo. “Orang Kristen dan Politik: Belajar dari Kasus Salomo dan Adonia dalam Persaingan Menuju Takhta”

Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 1(Oktober 2019): 22-36.

TeSelle, Eugene. Augustine. Nashville: Abingdon Press, 2006.

Volf, Miroslav. “Johannine Dualism and Contemporary Pluralism” dalam The Gospel of John and Christian Theology, peny. Richard Bauckham & Carl Mosser. Grand Rapids: William B. Eerdmans, 2008.

Wibowo, AA. Setyo. “Kepublikan da Keprivaatan di Dalam Polis Yunani Kuno” dalam Ruang Publik: Melacak “Partisipasi Demokratis” dari Polis sampai Cyberspace (Yogyakarta: Penerbit Kanisus, 2010): 23-61.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v6i1.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Grets Janialdi Apner

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.