PENGARUH PELAKSANAAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP MINAT STUDI LANJUT MAHASISWA PROGRAM PENINGKATAN KUALIFIKASI SEMESTER II DI STAKPN TARUTUNG TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Ronny Simatupang

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara Pelaksanaan Sertifikasi Guru terhadap Minat Peningkatan Kualifikasi. Hasil analisa data menunjukan: 1) r hitung lebih besar dari r tabel (0,726 lebih besar dari 0,381); 2) Uji signifikan hubungan diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 5,274 lebih besar dari 1 ,703; 3) Persamaan regresi linier diperoleh Ÿ = 16,889 + 0,245X; 4) Besarnya pengaruh antara pelaksanaan sertifikasi guru terhadap minat studi lanjut mahasiswa program peningkatan kualifikasi dipengaruhi oleh pelaksanaan sertifikasi guru sebesar 52,6% dan sebagian lagi dipengaruhi oleh faktor lain; 5) Uji signifikan pengaruh F hitung lebih besar dari F tabel pada taraf = 0,05 (31,60 lebih besar dari 4,17).

Kata Kunci : Sertifikasi guru, Minat Studi Lanjut

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta :Rineka Cipta

Asmani, Jamal Ma’mun. 2009. 7 Tips Cerdas Dan Efektif Lulus Sertifikasi Guru. Yogyakarta: Bahtera Buku

Asyirint, Gustaf. 2017. Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yokyakarta: Bahtera Buku

Bosch, David. 1997. Transformasi Misi Kristen. Jakarta : BPK. Gunung Mulia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Kartono, Kartini. 1990. Pengantar Meteodologi Risset Sosial. Bandung: Bandar Maju




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v2i1.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Teologi Cultivation






 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.