DAMPAK VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIPAHUTAR KECAMATAN SIPAHUTAR KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Tianggur Medi Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Dampak Variasi Gaya Mengajar Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dengan hipotesa penelitian terdapat Dampak yang positif dan signifikan Variasi Gaya Mengajar Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah 159 siswa dan sampel 40 siswa. Instrument penelitian berupa angket tertutup Uji coba angket dilakukan kepada 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar diluar sampel penelitian. Uji validitas instrument menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment person diperoleh rhitung>rtabel antara nilai 0,387- 0,704>0,361 sehingg instrumen valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus formula Alpha diperoleh r11=0,826 untuk variabel X dan r11=0,826 untuk variabel X dan r11=0,895 untuk variabel Y dan ini berada pada interpretasi sangat kuat, sehingga instrument reliabel, dengan demikian angket dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa Dampak variabel X (Variasi Gaya Mengajar Guru PAK) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa), Uji signifikan pengaruh  dengan  rumus:  F=S2  /S2  diperoleh  f  >f   sebesar  31,46>1,80  maka  hipotesa diterima yaitu terdapat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Pembelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Variasi Gaya Mengajar, Motivasi Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Bahri Syaiful. 2010. Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Bahri Syaiful. 2014. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Mudjiono, Dimyati.2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Nainggolan Jhon.2007. Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung:Bina Media Infomasi

Sabri Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang:PT CiputatPress

Sardiman, A.M.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Suparman. 2010. Gaya mengajar yang menyenagkan siswa. Yogyakarta: pinus book publisher




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v3i2.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com