Pengaruh Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020

Tianggur Medi Napitupulu

Abstract


Abstract:

This study aims to determine the positive and significant influence of the family economy on the learning motivation of class IX students at SMP Negeri 2 Sipoholon, North Tapanuli Regency, for the 2019/2020 Academic Year. The population in this study amounted to 156 people. The research sample was 30% of the entire population, namely 47 people.. From the relationship test, it is known that rcount> rtable or 0.289> 0.823. This shows that there is a relationship between variable X and variable Y. From the significant correlation test, the value of tcount > ttable (n-2) = (47-2) = 45 for = 0.05, namely 2.02> 2.01, shows that there is a significant relationship between variable X and variable Y. Testing the regression equation Y over X obtained the regression equation Y =10.69+0.96 X. The magnitude of the influence of family economy on learning motivation of grade IX students of SMP Negeri 2 Sipoholon Tapanuli Regency North of the 2019/2020 school year is r2 x 100% = 0.0836 x 100% = 8.36%. While 91.64% is influenced by other factors. From the significant test, it was obtained that fcount > ftable, namely 4.28> 4.06. This means that the family economy has a positive and significant effect on the learning motivation of class IX students of SMP Negeri 2 Sipoholon, North Tapanuli Regency, for the 2019/2020 school year.

Keywords: motivation to learn, family economic influence, the influence of family economy on learning motivation.

Abstrak:

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 orang. Sampel penelitian adalah 30% dari seluruh populasi yaitu 47 orang. Hal ini memperlihatkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y. Dari uji signifikan korelasi diperoleh nilai thitung > ttabel (n-2) = (47-2) = 45 untuk α = 0,05 yaitu 2,02> 2,01, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Pengujian persamaan regresi Y atas X diperoleh persamaan regresi  Besarnya pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara tahun pelajaran 2019/2020 sebesar r2 x 100% = 0,0836 x 100%= 8,36 %. Sedangkan 91,64% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari uji signifikan diperoleh fhitung > ftabel yaitu 4,28>4,06. Artinya ekonomi keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: motivasi belajar; pengaruh ekonomi keluarga, pengaruh ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar.


Keywords


motivasi belajar; pengaruh ekonomi keluarga; SMP Negeri 2 Sipoholon; pengaruh ekonomi Keluarga terhadap motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Alkitab, 2003. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi Abu Dan Supriyono Widodo, 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Asdy Mahasatya.

Ahmadi Abu, 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori Mohammad, 2011. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacanan Prima

Gunarsa, Ny. Singgih, D, 2010. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hamalik, Oemar, 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadaminta, Wjs, 1998. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Shochib, Moh, 1998. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman, A.M 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantintatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Usman Moh, 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com