“Yang Menang” di dalam Kitab Wahyu

Ratna Saragih

Abstract


Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk membahas pokok permasalahan tentang Yang Menang di dalam Kitab Wahyu (2:7, 11, 17, 26; 3:5, 12, 21; 5:5;6:2;15:17:14; 21:7). Pokok masalah tersebut lahir dari konteks penganiayaan dan pemenjaraan umat, yang menimbulkan krisis hidup yang sangat besar, sekaligus itu pula sebagai isu krusial dalam tulisan ini. Pembahasan diawali dengan mengulas pemakaian kata “yang menang” di dalam Kitab Wahyu. Pemakaiannya sangat signifikan di dalam Kitab Wahyu dibanding dengan pemakaian di dalam kitab-kitab lain di dalam Perjanjian Baru. Adapun hasil penelitian ini adalah: Pertama, ketakutan akan masa depan semakin sirna sebab Sang Kristus dikenal secara baru. Ini mengandung dimensi penghiburan bagi jemaat yang ketakutan kala itu hingga kini. Kedua, spiritualitas komunikasi Sang Kristus dan jemaat adalah spiritualitas yang membebaskan. Roh mengkomunikasikan keadaan ketujuh jemaat. Roh menyuarakan rencana ilahi atas konteks sosial dan konteks teologis. Ketiga, “yang menang” mampu menghadapi tantangan yang berat. Mengapa? Sebab kehadiran ilahi Kristus ada bersama jemaat yang menderita tersebut. Keempat, menyadari dan meyakini diri sebagai bagian dari “yang menang”, ecclesia triumphans, yaitu kemenangan Kristus, akan meringankan penderitaan akibat penganiayaan.

Kata Kunci: Yang menang, wahyu


Full Text:

PDF

References


Achtemeier, Paul J., “Revelation 5:1-14” dalam Interpretation: A Journal of Bible and Theology, Vol. XL, No. 3, Juli 1986.

Aune, David E., Word Biblical Commentary: Revelation 1-5. Dallas: Word Books, 1997.

Beale, G.K., The Book of Revelation: A Commentary on the Greek Text, Grand Rapids,Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company, 1999.

Beyer, Ulrich., Tafsiran Surat 1 & 2 Petrus dan Surat Judas, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1972.

Cobb, Kelton., The Blackwell Gide to Theology and Popular Culture, Australia: Blackwell, 2005.

Crossan, John Dominic., God and Empire: Jesus Against Rome, Then ad Now. HarperCollins e-Book, 2006.

Fiorenza, Elisabeth S., “The Revelation to John” dalam Gerhard Krodel (ed.), Hebrew, James, 1 and 2 Peter, Jude, Revelation. Philadelphia: Fortress Press, 1981.

Kruse Colin G., “Paul, the Law and the Spirit” dalam Stanley E. Porter (ed), Paul and His Theology. Leiden/Boston: Brill, 2006.

Listijabudi, Daniel K., “Aku akan Segera Datang: Refleksi Wahyu 22:7” dalam Daniel Listijabudi (ed.), Mendulang Sabda, Yogyakarta: TPK, 2011.

Moore, Stephen D., “The Revelation to John” dalam Fernando F. Segovia dan R.S. Sugirtharajah (eds.), A Postcolonial Commentary on the New Testament Writings. London: T&T Clark, 2009.

Mulyono, Y. Bambang., Teologi Ketabahan: Ulasan atas Kitab wahyu Yohanes. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 1993.

Pals, Daniel L., Eight Theories of Religion, New York & Oxford: Oxford University Press, 2006.

Powell, Mark A., Introducing the New Testament: A Historical, Literary, and Theological Survey, Grand Rapids, Michigan, 2009.

Setio, Robert., “Apokaliptik (Seputar Akhir Zaman)” dalam H.M.Nur Kholis Setiawan dan Djaka Soetapa (eds.), Meniti Kalam Kerukunan 2. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2014.

Siswanto, Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan dan Perkembangan, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2007.

Stefanovic, Ranko., Revelation of Jesus Christ: Commentary on the Book of Revelation, Michigan: Andrews University Press, 2002.

Suharyo, I., Gereja Komunitas Pengharapan: Belajar dari Kitab Wahyu. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2004.

The Taize Community, Mendengarkan dengan Hati: Berdiam Diri dan Saling Berbagi Seputar Firman Allah. Terj. Rewah Auriani Handayani. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2001.

Tridarmanto, Yusak., “Pendekatan Sosial dalam Penafsiran Kitab Perjanjian Baru” dalam Gema Teologi UKDW Yogyakarta, Vol.30, No.1, April 2006.

Wetherington III, B., Revelation. Cambridge: Cambridge University Press, 2003.

Widadana, F. dan A.S. Hadiwiyata, Tafsir Perjanjian Baru 10: Kitab Wahyu. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1990.

Yancey, Philip dan Quinn, Brenda., Meet the Bible. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2014.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v1i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com