Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Minat Belajar PAK Anak

Rida Gultom

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap minat belajar PAK anak dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keharmonisan keluarga terhadap minat belajar PAK anak. Metode yang digunakan adalah metode literatur research (penelitian kepustakaan) yang dimaksudkan membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Subjek penelitian ini adalah anak, orangtua dan anggota keluarga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap minat belajar PAK anak. Artinya, semakin tinggi keharmonisan keluarga, maka semakin tinggi pula minat belajar PAK anak. Dalam penelitian, ini juga dapat dilihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar PAK anak yaitu faktor internal (taraf intelegensi, motivasi belajar, perasaan sikap dan keadaan psikis-psikis), faktor eksternal (orangtua, guru dan masyarakat) dan usaha-usaha membina keharmonisan keluarga (cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, menjaga suasana rumah dan mengatur keadaan ekonomi keluarga).

Keywords


keharmonisan keluarga; minat belajar; PAK Anak

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. H, 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Alkitab. 2006. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Astuti Tri. 1997. Modul Pendidikan Agama Kristen Untuk Remaja. Jakarta: Direktur Bimas Kristen Depertemen Agama RI.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Gerungan. 1983. Psikologi Sosial. Jakarta. Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih. D. 1991. Psikologi Perkembangan Praktis Anak dan Remaja. Jakarta. BPK Gunung Mulia.

Hardiwiratno J. 1994. Menuju Keluarga Bertanggungjawab. Kanasius: Yogyakarta

Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Kependidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Homringhausen. E.G. dan Enklaar, I. H. 2005. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Imeldawati, Tiur, Binur Panjaitan, and Warseto Freddy Sihombing. “Pendidikan Agama Kristen Di Masa Lalu-Masa Kini Dan Pada Persfektif Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 13605–13614.

Ismail Andar. 2000. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Kartono Kartini, 1989, Peranan Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Rajawali.

Lessin, Roy. 2002. Disiplin Keluarga. Gandum Mas: Jakarta

Lumoindong, Gilbert. 2003. Buku Pintar Konseling Keluarga Kristen. Publisen: Jakarta.

Mouliono. 1998. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution S. 1992. Peranan Orangtua Dalam Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Noumen, Hendri. M.J. 1986. Pelayanan yang Kreatif. Kanasius: Yogyakarta.

Nuhamara Daniel. 2009. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen, Bandung: Jurnal Info Media.

Partanto, Pius. A. Kamus llmiah Populer. Arkala: Surabaya.

Poerwardaminta. W. J. S. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Purwanto Ngalim, M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Salawaney, Tonei. R. 1998. Apakah Rumah Tangga Muda Bahagia. Yayasan Andi Yogyakarta.

Sardiman. AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar dan mengajar, Jakarta, Raja Grafindo.

Sarumpaet, R.I. 1988. Rahasia Mendidik Anak. Bandung: Indonesia Publishing.

Schacfer, Charles. 1996. Cara Efektif Mendisplinkan Anak. BPK Gunung Mulia: Jakarta.

Sihombing, Andrianus Nababan dan Warseto Freddy. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5 No. 1 (2021): 116–124.

Sijabat. BS. 2008, Membesarkan Anak Dengan Kreatif, Yogyakarta, Andi

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soejanto, Agoes. 1995. Bimbingan Ke Arah Belajar Yang Sukses. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi Dewa Ketut, 1983. Bimbingan Dan Penyuluhan Belajar Di Sekolah. Jakarta: Usaha Nasional.

Suleman, Julia. 1994. Suluh Siswa Kelas 3 Slta. BPK Gunung Mulia: Jakarta.

Surya. HM. 1997. Kapita Selecta Kependidikan. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryabrata. B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Imeldawati, Tiur, Binur Panjaitan, and Warseto Freddy Sihombing. “Pendidikan Agama Kristen Di Masa Lalu-Masa Kini Dan Pada Persfektif Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 13605–13614.

Sihombing, Andrianus Nababan dan Warseto Freddy. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5 No. 1 (2021): 116–124.

Tarigan, Berta, Tiur Imeldawati, and Deslimawati Laoli. “Faktor-Faktor Mengoptimalkan Kecerdasan Spiritual Anak Menurut Amsal 1 : 1-7.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2022): 45–70.

Tiur Imeldawati, Naomi Oktavia Simanullang. “Prinsip Prinsip Pendidikan Agama Kristen Dalam Ezra 7:1-28.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3 No. 2 (2021): 97–109.

Winkel.W.S, 1996, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Zain Badudu, 1996, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka Harapan.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i1.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com