PENTINGNYA KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN

Elvri Teresia Simbolon

Abstract


Manusia selain sebagai mahluk individu yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri tetapi juga sekaligus sebagai makluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan tidak bisa terlepas dari makluk sosial lainnya. Dan sebagai makluk sosial . sebagai makluk individu setiap manusia berhak atas milik pribadinya sendiri dan bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitas. Manusia sebagai makluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan tindakan-tindakan yang akan diambil. Berbeda dengan manusia sebagai makluk individu, manusia sebagai makluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi dan berinteraksi.Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya keterampilan sosial dimiliki oleh orang- orang yang proses pendidikan dan pembelajaran yaitu guru dan siswa.Dalam pembelajaran di kelas seorang guru maupun perserta didik membutuhkan keterampilan sosial. Disekolah sendiri dalam pembelajaran seorang peserta didik diharapkan mempunyai keterampilan yang baik khususnya dalam hal keterampilan bertanya, keterampilan dalam memperoleh informasi, keterampilan menganalisis informasi,keterampilan menyajikan informasi. Keterampilan- keterampilan seperti ini akan dimiliki seorang peserta didik jika mereka memiliki keterampilan sosial yang baik. Dalam proses penulisan menggunakan metode study literature. Yaitu dengan melakukan proses pencarian daftar bacaan , dengan menggunakan media baca sebagai sumber data dan informasi.

Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Agung Eko Purwana, dkk, 2009. Pembelajaran IPS MI Surabaya.

Aprinta,2009 Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.

Arends, dalam Trianto. 2009: Mendesain Model Pembelajaran Invatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Baharudin, 2008: 97-98) Strategi Pembelajaran Berorientasi. Standar Proses Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Djahiri, Kosasih.. 2009.Petunjuk Guru IPS 3 untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Depdikbud Gwendolyn Cartledge, JoAnne Fellows Milburn, 1995. Teaching social skills to children and youth: innovative approaches. University of Virginia.

Jarolimek, J. (1993). Social Studies inElementary Education. New York: Mc.MillanPublishing.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1994), Prabowo dan Faridah Nurmaliah. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Malang: UIN-Maliki Press.

Prayitno.(1980). Dinamika Kelompok & KerjaKelompok.Jakarta : P3G Depdikbud.

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sjamsuddin dan Maryani E. 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial.” Makasar: Makalah pada Seminar Nasional.

Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofis dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya, Sadjarudin & Susilawati (2007). Konsep Dasar IPS. Bandung:CV Yasindo Multi Aspek.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bandung: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v2i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com