Pemberdayaan KKG PAK dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAK dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Sudiarjo Purba, Lamhot Naibaho, Djoys Anneke Rantung

Abstract


Abstract:

This study aims to describe the implementation of the Christian religious education teacher working group (KKG) in improving the professional competence of PAK teachers in Muaro Jambi Regency in the Implementation of the Independent Curriculum. The research method used is a qualitative research method with a descriptive approach. From the results of the study, it was found that very few PAK SD teachers in Muaro Jambi Regency were touched in the process of increasing their professional competence in implementing the curriculum, especially the newly launched Independent Curriculum. The results of the study stated that the empowerment of the PAK KKG in Muaro Jambi Regency and the implementation in accordance with the provisions, namely planning, organizing, implementing and evaluating the KKG could improve the professional competence of PAK teachers in Muaro Jambi Regency in implementing the Merdeka Curriculum.

Keywords: merdeka curriculum; KKG PAK, teacher's professional competence 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Kristen dalam peningkatan kompetensi profesioanl Guru PAK Kabupaten Muaro Jambi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru PAK SD Kabupaten Muaro Jambi masih sangat sedikit yang tersentuh dalam proses peningkatan kompetensi profesionalnya dalam mengimpletasikan kurikulum apalagi Kurikulum Merdeka yang baru diluncurkan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemberdayaan KKG PAK Kabupaten Muaro Jambi serta pelaksanaan yang sesuai ketentuan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi KKG dapat meningkatkan kompetensi profesional guru PAK Kabupaten Muaro Jambi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Katakunci: kurikulum merdeka, KKG PAK, kompetensi profesional guru


Keywords


Implementasi Kurikulum Merdeka; KKG PAK; Kompetensi profesional guru

Full Text:

PDF

References


Babo, R., & Nawir, M. (2020). KELOMPOK KERJA GUGUS SEKOLAH SEBAGAI WADAH PENINGKATAN KINERJA GURU SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 506–517.

BPS, J. M. (2020). Luas Wilayah Kabupaten Muaro Jambi Menurut Kecamatan.

Direktorat Profesi Pendidik, K. (2010). Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP. Dirjen PMPTK.

Hasanah, H. (2019). Memahami Media Pembelajaran Sebagai Refleksi Kemanusiaan Dalam Praktik Pendidikan. Al’Adalah, 137–152.

Kemendikbudristek. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. Kemendibudristek.

Khasanah, N., Sundari, R. S., Saputra, H. J., & Pendidikan, F. I. (2013). ANALISIS PERAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU ( KKG ) BAGI KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI GUGUS MT HARYONO sebagai. 9, 30–41.

L. J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme

Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058

Nurutami, R., & Adman. (2016). Kompetensi Profesional Guru sebagai Determinan terhadap Minat Belajar Siswa (Teachers’ Professional Competence as Determinant of Student Learning Interest). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 121–122.

Rasyid, H. Al. (2015). FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU ( KKG ) BAGI PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU SEKOLAH DASAR. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktek, 12, 143–150.

Rida Gultom, Marlinawati Situmorang, W. F. S. (2022). DAMPAK PROFESIONALISME GURU PAK TERHADAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. 6(1), 65–74.

Sabda, S. (2016). Pengem-bangan Kurikulum. In Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama.

Sihombing, A. N. dan W. F. (2021). Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi

Belajar Siswa. Jurnal Christian Humaniora, 5 No. 1, 116–124. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619

Terpopuler, B. (2022). Luncurkan Kurikulum Merdeka,

Mendikbudristek: Ini Lebih Fleksibel! Media Center Direktorat Sekolah Dasar.

Umah, A. N. (2015). UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO. Millah, XIV, 202–219.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. No. 14, 1 (2005).

Vusparatih, D. S. (2014). Peranan Komunikasi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 387.

https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3037

Warman, B. (2016). The Effect of Teachers Professional Competence and Learning Motivation on Accounting Students Learning Outcomes at Vocational High School I of Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 31–45.

Zamili, U. (2020). PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 6, 311–318.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i2.1822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com