Gambaran Penerimaan Diri Orangtua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

Eltalina Tarigan

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui bagaimana gambaran penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. 

Penerimaan orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus sangat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode kualitatif dengan cara memperoleh data menggunakan observasi dan wawancara langung pada orangtua anak berkebutuhan khusus.

Kata Kunci : Self Acceptance, Anak Berkebutuhan Khusus, Orangtua


Keywords


Kata Kunci : Self Acceptance, Anak Berkebutuhan Khusus, Orangtua

Full Text:

PDF

References


Amelia, W., (2016), Karakteristik dan jenis kesulitan belajar anak slow learner, Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah, 1(2), 53-58. Diunduh dari https://ejournal.stikesaisyah.ac.id

Brooks, J. (2011). The process of parenting. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Cresswell, J.W. (2016). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (ed. 4). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Desiningrum, D.R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosains

Dukes, C., Smith, M. (2013). Cara menangani anak berkebutuhan pendidikan khusus: panduan guru dan orang tua. Jakarta: PT Indeks

Emmons, R.A., McCullough, M. E. (2004). The Psychology of Gratitude. New York: Oxford University Press, Inc.

Emmons, R.A., McCullough, M. E., & Tsang, J. (2004). Gratitude in Intermediate Affective Terrain: Links of Grateful Moods to Individual Differences and Daily Emotional Experience. Journal of Personality and Social Psychology, 86, 295-309.

Efendi, M. (2008). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Geniofarm,. (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Gara Ilmu.

Hurlock, E, (2002), Perkembangan Anak Edisi Keenam Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Hurlock, Elizabeth. (2001). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Haris, Abdul. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Alfabeta.

Lestari, S. (2014). Psikologi keluarga: penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. (ed 1). Jakarta: Kencana.

Moleong , L, J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:

Remaja Rosda Karya.

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character Strength and Virtues: A Handbook and Classification. New York: Oxford University Press.

Somantri, T., S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT Refika Aditama.

Santrock, J.W. (2013). Psikologi pendidikan (ed.2). Jakarta: Kencana.

Thalib, S.B. (2013). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i2.1607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com