Makna ἐν Χριστῷ Menurut Paulus dalam Surat 2 Korintus 5:17 Bagi Orang Percaya

Tami Tami

Abstract


Abstract:

Phrase “It is in Christ (ἐν Χριστῷ) appears a great many times in the New Testament especially in the books written by Paul. "It is in Christ" is no longer a foreign thing to Christianity today. So this becomes an important topic to be interpreted well; lived and lived earnestly in other words until it became an expression or lifestyle of a true Christian faith. For the significance of living faith is that which leads one to the knowledge of the true Jesus Christ that is; in His death, burial, and resurrection. And this is the saving faith. To be a follower of Jesus Christ is to continue the process of purifying oneself by the work of the Holy Spirit through baptism, repentance every day. From there it was later refined and became a new creation. The new creation in Jesus (ἐν Χριστῷ), that is, to leave "the old" (the old man) and "the new one has come" into the "new man". This new creation is closely related to a change in action, a change in mindset or a Christ-centered perspective. Just as it was Christ who became the center of life and came to life with Christ or achieved the theosis that was the purpose of God creating man.

Abstrak:

Frasa “berada di dalam Kristus (ἐν Χριστῷ)” ada banyak sekali muncul di dalam Perjanjian Baru khususnya dalam kitab-kitab yang ditulis oleh Paulus. “Ada di dalam Kristus” bukan lagi hal yang asing bagi Kekristenan dewasa ini. Sehingga ini menjadi suatu topik penting untuk dimaknai dengan baik; dihayati dan dihidupi dengan sungguh-sungguh dengan kata lain sampai menjadi sebuah ekpresi atau gaya kehidupan iman Kristen yang sejati. Karena signifikansi daripada iman yang hidup adalah iman yang menuntun seseorang pada pengenalan akan Yesus Kristus yang benar yaitu; di dalam kematian, penguburan, dan kebangkitan-Nya. Dan inilah iman yang menyelamatkan. Menjadi pengkut Yesus Kristus berarti terus berproses menyucikan diri oleh karya Roh Kudus melalui baptisan, pertobatan setiap hari. Dari situlah kemudian dilahirbarukan dan menjadi ciptaan baru. Ciptaan baru di dalam Yesus (ἐν Χριστῷ), yaitu meninggalkan “yang lama” (manusia lama) dan “yang baru sudah datang” menjadi “manusia baru”. Ciptaan baru ini berkaitan erat dengan perubahan tindakan, perubahan pola pikir (mindset) atau cara pandang yang berpusat pada Kristus. Sebagaimana Kristuslah yang menjadi pusat hidup dan manunggal dengan Kristus atau mencapai theosis itulah tujuan Allah menciptakan manusia.


Keywords


ciptaan baru; dilahirbarukan; Kristus; manusia lama; manusia baru; teosis.

Full Text:

PDF

References


Abraham. “Orang Yahudi & Kepercayaanya.” Wordpress, 2016. https://renunganweb.wordpress.com/.

Alkitab Edisi Studi. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2015.

Byantoro, Arkimandrit Daniel. Pernak-Pernik Kebenaran. Bogor: Padepokan Dharma Tuhu, 2019.

Bright, William. “Pola Hidup Kristen.” Gandum Mas, 2002.

https://www.pesta.org/kunci_menuju_kehidupan_kristen_yang_dinamis.

Bible Works - Verson 10.0.4 . Starup 70.91 secs.

Hadisiswoyo, Joice. “Hidup Di Dalam Kristus.” Anugrah Ministries, 2013. https://www.anugrah.net/renungan-harian/hidup-di-dalam-kristus/.

Hendi. Inspirasi Kalbu 2. Yogyakarta: Leutikaprio, 2018.

Hendi, H, and Tiopan Aruan. “Konsep Manusia Baru Di Dalam Kristus Berdasarkan Surat Efesus 4:17-32.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 113.

https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.154.

Holladay, John. H Hayes & Carl R. “Eksegesis.” Wikipedia, 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Eksegesis.

Jason, "The Holines of Confus on"(16 Mei 2021) https://ww.youtube.com/channel/UCWsB7X1WBmN5wnXhHXNuyRW.

R, Darius D Panggarra. “Konsep Manusia Baru Berdasarkan Perspektif Paulus Dalam Efesus 4:17-32 Dan Implementasinya Dalam Kehidupan Orang Percaya.” Jurnal Jaffray, 2013.

https://www.mendeley.com/catalogue/16d11512-b855-337f-99f7-

a0effa5d694/.

Radjagukguk, Ps Yohanes. “HIDUP SEPERTI KRISTUS.” HOP CHURCH, 2018. https://hop.church/daily-hope/hidup-seperti-kristus/.

SABEILAI, MIRAWANTI. “KONSEP HIDUP DI DALAM KRISTUS MANURUT SURAT KOLOSE 2:6-7 DAN IMPLIKASINYA BAGI GEREJA MASA KINI.” Soteria Seminary Blog, 2019.

https://sttsoteriapwt.wordpress.com/2019/01/23/konsep-hidup-di-dalam-kristus-manurut-surat-kolose-26-7-dan-implikasinya-bagi-gereja-masa-kini/.

Scheumeman, Rainer. Panduan Lengkap Penafsiran Alkitab PL Dan PB. Yogyakarta: Andi, 2009.

Simaremare, Simon. “Memahami Konsep ‘Ciptaan Baru’ Di Dalam 2 Korintus 5: 17.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 1–11. https://sttkerussoindonesia.ac.id/e-journal/index.php/redominate/article/download/3/1.

"Segala Sesuatu untuk Memuliakan Tuhan" https://teologiareformed.blogspot.com/2020/11/soli-deo-gloria-segala-kemuliaan-hanya.html.

Tamaka, Julian. “7 Dampak Hidup Merdeka Dalam Kristus.” FokusHidup, 2021. https://fokushidup.com/7-dampak-hidup-merdeka-dalam-kristus/.

Win, Alex. “Kematian Para Rasul.” Kompasiana, 2011. https://www.kompasiana.com/alexwin/55006687a33311c271510a33/kematian-para-rasul.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v6i1.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Tami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.