Hubungan Spiritualitas, Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru PAK di Kecamatan Tarutung - Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara

Fanorotodo Laia

Abstract


Abstract

This study aims to determine the relationship between Spirituality and Work Motivation together with the Performance of Christian Religious Education Teachers in Tarutung and Adiankoting Districts, North Tapanuli Regency in 2017. This study uses a descriptive quantitative method approach. The population is all teachers of Christian Religious Education in Tarutung and Adiankoting Districts totaling 31 people as well as being the sample. The research instrument was a closed questionnaire, which was compiled by the researcher based on the indicators of the research variables. The questionnaire test was conducted on 30 respondents who were not the research sample, and had been tested with validity and reliability tests. This research is accepted as true with the data: 1). The X1Y correlation is 0.584 and the coefficient of determination is 34.10%, which shows that 34.10% of teacher performance is determined by teacher spirituality. 2). The X2Y correlation is 0.631 and the coefficient of determination is 39.81%, which shows that 39.81% of teacher performance is determined by work motivation. 3). Double correlation RX1X2Y=0.664 and coefficient of double determination R2 = 44.08%, which means teacher performance of 44.08% is determined by spirituality and work motivation together, partly determined by other factors as well as problem identification. The result is that there is a positive relationship between spirituality and work motivation with the performance of Christian Religious Education teachers in Tarutung and Adiankoting Districts, North Tapanuli Regency in 2017 individually or together because it has been tested empirically. The implication is that if it is to improve performance, teachers must increase their spirituality and work motivation.

Keywords : performance; spirituality; work motivation. 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Spiritualitas dan Motivasi Kerja secara bersama-sama dengan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Tarutung dan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif deskriptif. Populasi adalah seluruh guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Tarutung dan Adiankoting berjumlah 31 orang sekaligus menjadi sampel. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 responden yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini diterima kebenarannya dengan data: 1). Korelasi X1Y sebesar 0.584 dan koefisien determinasi sebesar 34.10%., yang menunjukkan bahwa 34.10% kinerja guru ditentukan oleh spiritualitas guru. 2). Korelasi X2Y sebesar 0.631 dan koefisien determinasi sebesar 39.81%, yang menunjukkan bahwa 39.81%  kinerja guru ditentukan oleh  motivasi kerja. 3). Korelasi Ganda RX1X2Y=0.664 dan koefisien determinasi ganda R2 = 44.08%, yang berarti Kinerja guru sebesar 44.08% ditentukan oleh spiritualitas dan motivasi kerja secara bersama-sama, sebahagian lagi ditentukani oleh faktor lain sebagaimana pada identifikasi masalah. Hasilnya adalah  terdapat hubungan yang positif antar spiritualitas dan motivasi kerja dengan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di Kecamatan Tarutung dan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2017 secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama karena telah teruji secara empiris. Implikasinya, jika akan meningkatkan kinerja, guru harus meningkatkan spiritualitas dan motivasi kerjanya. 

Kata Kunci: kinerja; motivasi kerja; spiritualitas.


Keywords


spirituality; work motivation; performance

References


DAFTAR PUSTAKA

Alkitab, 2015, Jakarta, Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

Anoraga, Panji. 2009. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2016, Prosedur Penelitian, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

________,2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Basri & Rivai, Vethzal, 2015, Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Boelhlke Robert R, 2008, Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, Jakarta : BPK GunungMulia.

Budiyanto, Eko, 2013. Sistem Informasi Manajemen Sumber daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

David F, 20013, Psychology, Religion, and Spirituality.Oxford: The British Psychological Society and Blackwell Publishing Ltd.

Dessler dalam L. Asri,2010, Budaya Organisasi, Yogyakarta:GrahaIlmu

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Enklaar & Homrighousen, 2008, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta : BPK GunungMulia

Gultom, Andar dan Hasugian, Saur. 2007. Profesionalisme Standar Kompetensi dan Pengembangan Guru PAK. Jakarta : Bina Media Informasi.

Hamalik Oemar, 2008, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Yogyakarta: Andi Offset.

________, 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

________, 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Hardjana M.Agus, 2009, Religiositas, Agama & Spiritualitas. (Yogyakarta : Kansius.

Hasibuan, Malayu SP. (2007). Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Henuk Leonard Yusuf, 2021, Personal communication.

http://reformata.com/news/view/6476/bekerja-adalah-ibadah

http://www.renunganhariankristen.net/motivasi-kerja-di-dalam-tuhan 2017

http://www.uinjkt.ac.id/index.php/category-table/1952-religiusitas-danpembentukan -karakter.html, diakses tanggal 1 Februari2016.

https://www.facebook.com/permalink.php?id=388957501192163&story_fbid=395263730561540

Internet.2011. www. Anneahira. Com / Motivasi Belajar / Indeks. Htm

Internet.2011.www. duniaguru.com

Internet.http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2115321-ciri-ciri-motivasi belajar/#ixzz1OUFxKqK3

Jalaludin H, 2007,Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan Dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jamaris, Martini. 2013. Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Galia Indonesia.

Kartono Kartini, 2008, Patalogi Sosial. PT Raja Grafindo Persada.

Kristianto, Paulus, Lilik. 2007. Prinsip dan Praktek PAK. Yogyakarta: Andi.

Mujiono dan Dimyati, (2016). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Nainggolan, Jhon. M. 2007. Menjadi Guru Agama Kristen. Generasi Info Media.

Non-Serrano, Janse, Belandina. 2008. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi PAK SD, SMP, SMA. Bandung : Bina Media Informasi.Pustaka.

Rifai, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satori, Djam‘an, dkk.2008. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siagian, Sondang P, 2012,Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sobry Sutikno, 2007, Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, Bandung, NTP Press.

Sudjana. 2007. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Surya, Mohamad. 2014. Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.

Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja dan pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wibowo,2007, Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winardi. 2011. Motivasi dan Permotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

www.InspirasiJiwa.com,Pdt. Robert R. Siahaan,Bekerja Adalah Ibadah, Mon, 7 May 2012 - 12:41 | View : 7492




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v5i1.524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Teologi Cultivation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id cultivation@iakntarutung.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.