Wajah Baru Danau Toba: Kajian Teologi, Ekologi, Ekonomi PT. Aquafarm Nusantara dan Masyarakat di Danau Toba

Josua Gesima Gultom

Abstract


Danau Toba merupakan lingkungan alam bagi setiap makhluk hidup berinteraksi. Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Keindahannya yang mempesona tidak terbantahkan, dengan hamparan air yang dikelilingi oleh pegunungan hijau, dan pulau Samosir yang eksotis berada ditengah-tengahnya. Namun sistem ekologi, ekonomi, dan sosial semakin memprihatinkan di Danau Toba yang tidak menghadirkan keseimbangan, kesejahteraan bersama, keadilan sosial-ekonomi, dan keberlangsungan ekologis, sehingga kajian yang penulis lakukan dalam tulisan ini memakai teori Bioregionalisme-Transaksional Evanoff untuk meneliti krisis yang terjadi di Danau Toba. Dengan menggunakan pandangan Evanoff dapat menjadi tawaran dalam menganalisa permasalahan keseimbangan teologi, ekologi, dan ekonomi di Danau Toba.


Keywords


Keseimbangan Ekologis, Danau Toba, Teori Evanoff, Keberlanjutan Alam, Kesadaran Ekologis.

Full Text:

PDF

References


Banawiratma, J.B., Nico L. Kana, Josef P. Widyatmadja, and Jayadi Damanik, eds. Iman Ekonomi dan Ekologi: Refleksi Lintas Ilmu dan Lintas Agama. Yogyakarta: Kanisius, 1996.

Borrong, Robert P. Etika Bumi Baru: Akses Etika dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 1999.

Drimmelen, Rob van. Faith In A Global Economy: A Primer for Christians. Geneva: WCC Publications, 1998.

Evanoff, Richard. Bioregionalism and Global Ethics: A Transactional Approach to Achieving Ecological Sustainability, Social Justice, and Human Well-Being. Studies in Philosophy. New York: Routledge, 2011.

Manik, Junjung Sahala Tua, and Retno Sunu Astuti. “Ancaman Keberlanjutan Pariwisata Danau Toba (Evaluasi Kebijakan Keramba Jaring Apung).” Conference on Public Administration and Society 1, no. 1 (2019).

Singgih, Emanuel Gerrit. Dari Ruang Privat ke Ruang Publik: Sebuah Kumpulan Tulisan Teologi Kontekstual Emanuel Gerrit Singgih. Yogyakarta: Kanisius, 2020.

———. Globalisasi Dan Kontekstualisasi: Menuju Kesadaran Baru Mengenai Realitas Di Sekitar Kita dalam Mengantisipasi Masa Depan. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2005.

———. Pengantar Teologi Ekologi. Yogyakarta: Kanisius, 2021.

Siregar, Boyke. “Mengukur Dampak Ekonomi dari Pembatasan KJA Danau Toba.” Warta Ekonomi. Accessed December 18, 2022. https://wartaekonomi.co.id/read380967/mengukur-dampak-ekonomi-dari-pembatasan-kja-danau-toba.

Taridan, Turnip. “Hotman Paris Bangga Memenangkan Aquafarm dalam Gugatan Pencemaran Danau Toba.” Tribun-medan.com. Accessed December 18, 2022. https://medan.tribunnews.com/2018/03/28/hotman-paris-bangga-menangkan-aquafarm-dalam-gugatan-pencemaran-danau-toba.

Widyastuti, Rr Ariyani Yakti. “Keramba Jaring Apung Cemari Danau Toba, Luhut Tegur Edy Rahmayadi.” Tempo, July 11, 2019. https://bisnis.tempo.co/read/1223676/keramba-jaring-apung-cemari-danau-toba-luhut-tegur-edy-rahmayadi.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v7i2.2293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Josua Gesima Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.