Perspektif Epis Teologis Iman Kristen Tentang Anak Disabilitas Berdasarkan Matius 18:1-14

Bendelina Mausala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif epis teologis iman tentang anak disablitas berdasarkan Matius 18:1-14. Dengan menggunakan teks Alkitab sebagai obyek penelitian, penulis dengan metode kualitatif menggunakan prinsip-prinsip hermeneutik, yaitu metode eksegesis dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teori dalam menginterpretasikan serta memberikan hasil analisis terhadap teks Matius 18:1-14. Penjabaran eksegetis bagaimana epis teologis iman kristen tentang anak disabilitas sebagai suatu pedoman bagi padangan iman kristen yaitu: Yesus menegaskan kepada murid-muridnya untuk tetap hidup dalam sikap being humble (kerendahan diri). Penekanan Yesus dalam hal ini bukan hanya kepada murid-murid-Nya saja, melainkan kepada gereja dan setiap pribadi yang telah percaya dan menjadi pengikut-Nya.

Keywords


epis teologis; iman kristen; anak disabilitas; Matius 18:1-14

Full Text:

PDF

References


Alon Mandimpu Nainggolan dan Adventrinis Daeli, “Persepsi Jean Charlier De Gerson Dan Tuhan Yesus Kristus,” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (2009): 45–57.

Andrew Murray, Humality (United state of America: Whitaker House, 1982), 92–93.

Bruce Narramore, “Mengapa Anak-Anak Berkelakuan Buruk,” Bandung: Yayasan kalam hidup (1999).

De Matthew Henry, Tafsiran Matthew Henry Injil Matius 15-2, Ed. Danirwan Tjulianto Johnny Tjia,Barry Vander Scoot, 2016.

France, The New International Commentary on the New Testament, ed. NED B. STONEHOUSE et al. (United state of America: Wm. B. Eerdmans Publishing Co. 2140 Oak Industrial Drive N.E., Grand Rapids, Michigan 49505 I P.O. Box 163, Cambridge CB3 9PU U.K., 2007).

Gsary R. Collins, Christian Counseling A Comprehensive Duide (United state of America: Thomas Nelson, n.d.).

Osborne, Grant R. Exegetical Commentary on the New Testament (United state of America: Zondervan Academic, 2010).

.

Heer De, “Tafsiran Alkitab: Injil Matius Pasal 1-22,” Jakarta: BPK Gunung Mulia (2013).

Hendri Wijayatsih, “Pendamping dan Konseling pastoral,” Gema Teologi (2011): 4–5.

Karya Utomo, “Tinjauan Alkitabiah Tentang Kejadianku Dahsyat Dan Ajaib Menurut Mazmur 139:14,” Allah Menciptakan Manusia Sangat Berharga Di Mata Tuhan (2021).

Leon Morris, The Gospel According To Matthew (United State Of America: William B. Eerdmans Publishing Company Grand Rapids, Michigan/Cambridge,U.K., 1992).

Maria Taliwuna dan Alfons Renaldo Tampenawas, “Peranan dan Sikap Hamba Tuhan Dalam Melaksanakan Misi Gereja Menurut Kisah Para Rasul 20:17-27,” Jurnal Teologi Praktika 2, no. 1 (2021): 1–17.

Matthew Hendry, Tafsiran Matthew Henry Injil Matius 15-28 (Surabaya: Momentum, 2016).

R. T. france, The New International commentary on the New Testament, ed. NED B. Stonehouse et al. (United state of America: Wm. B. Eerdmans Publishing, 668.

Rosalina S. Lawalata, Sebuah Sketsa Membangun Teologi Disabilitas dalam konteks GPIB, 2021, 20–29.

Sandra Wisantoso, “Korelasi Konsep Kerajaan Allah Dan Pemuridan Dalam Injil Matius Bagi Pemuridan Masa Kini,” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan (2019): 58, https://pdfs.semanticscholar.org/fce9/bddd8f9d6d3559edad51bb7bbd04f9f2da4f.pdf.

Stanley Hauerwas, Brazos Theological Commentary On The Bible Matthew (United State Of America: Brazos Press Grand Rapids, Michigan, 2006), 164.

Studiebijbel in perspectief (Nederlands: Uitgeverij Jongbloed te Heerenveen, 2009), 1270.

Syafi’ie Muhammad, “Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas,” Inklusi 1 (2014): 269–290.

Theodorus MirajiTheodorus Miraji, “Pandangan Teologis Terhadap Kaum Disabilitas Dan Implementasinya Bagi Gereja Masa Kini,” Sekolah Tinggi Teologi Berea, Salatiga. Diakses pada bulan juni 2021 (2021): 71–72.

Umrati and Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020), 12.

William Hendriksen, New Testament commentary Mattew (united stated of America: Baker Academic, 2007).

Yanjumseby Yeverson Manafe Zummy Anselmus Dami, Ferdinant Alexander, “Jesus’ Questions in the Gospel of Matthew: Promoting Critical Thinking Skills,” Jesus as a Mode Teacher (2021): 95.

Yuhana Yunus, “Konseling Anak Berdasarkan Matius 18: 10 dan Relevansinya Untuk Meningkatkan Spiritual Anak Sekolah Minggu,” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 5, no. 1 (2021): 87–98.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v6i2.2269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Bendelina Mausala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.