Analisis Teologis Tentang Pola Pengajaran Yesus Berdasarkan Matius 18:1-11 dan Aplikasinya Bagi Guru Sekolah Minggu

Endirman Tafonao, Yeremia Hia

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan riset pustaka. Research ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih pemikiran atas sikap dan karakter anak-anak sekolah Minggu terkhususnya di BNKP Orahuan Umbu yang sudah mulai kurang terkontrol akibat  melemahnya pola dan kecakapan guru sekolah Minggu dalam mengajar. Alternatif penyelesaian masalah yang ditawarkan dalam artikel ini berbasis pada pola pengajaran dan pendekatan Yesus kepada anak-anak yang terkandung pada Injil Matius 18:1-11. Pola pengajaran Yesus yang terdapat pada narasi tersebut memberikan rujukan kepada guru sekolah Minggu di BNKP Orahua Umbu bahwa mendidik anak-anak mesti didasarkan pada kasih. Anak-anak adalah milik kepunyaan Allah dan generasi yang akan meneruskan iman Kristen. Untuk itu guru sekolah Minggu mesti berupaya dengan kreatif untuk membentuk karakter, kepribadian, dan kerohanian peserta didiknya (anak-anak sekolah Minggu), agar dapat menjadi anak yang berakhlak mulia dan takut kepada Tuhan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. “Model Pembelajaran Nilai Dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan Di Sekolah Dasar,.” Jurnal ilmu pendidikan (2010): 46–54.

Albi Anggito & Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV; Jejak, 2018.

Antonius, Seri. “Konsep Berbahagia Dalam Pengajaran Tuhan Yesus.” jurnal pionir lppm universitas asahan 6, no. 1 (2020): 174–182.

Fernando, Andreas, and Carolina Etnasari Anjaya. “Pelayanan Dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar Bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 50–60.

Halim. Model-Model Penginjilan Yesus : Suatu Penerarapan Masa Kini. Malang: Gandum Mas, 2003.

Harefa, Agus Mawarni. “Eksistensi Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Digital Quotient Kepada Anak” 1, no. 2 (2023): 60–70.

Imeldawati, T, B Tarigan, and J C Manalu. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut Injil Matius 18: 6-11 Dan Hubungannya Dengan Upaya Guru Dalam Membimbing Rohani Siswa/i SMA Negeri 1 ….” KERUGMA: Jurnal Teologi … 4, no. 1 (2022): 19–29.

Ismail, Andar. Selamat Menabur: 33 Didik-Mendidik. Jakarta: gunung mulia, 2008.

Jack Dean, Kingsbury. Injil Matius Sebagai Cerita : Berkenalan Dengan Narasi Salah Satu Injil. Jakarta: gunung mulia, 2008.

Kalis Stevanus. “Mengimplementasikan Pelayanan Yesus Dalam Konteks Misi Masa Kini Menurut Injil Sinoptik.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (n.d.): 285–286.

Kristiani, Dina. “Implementasi Model Teaching Learning Tuhan Yesus Menurut Injilmatius Terhadap Guru-Gurupendidikan Agama Kristen Di Kotasurakarta.” Pendidikan Agama Kristen Regula Fride 3, no. 1 (2018): 1–21.

Mardiharto, Karnawati. “Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Dan Proyeksi”.” Didache: journal of christian education 1, no. 1 (2020): 13–24.

Nelly, Nelly. “Menerapkan Kesabaran Menurut Kitab Amsal Dalam Mengajar Sekolah Minggu.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 1 (2019): 20–27.

Patandean, Yohanes Enci. “Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Berbahagia Dalam Matius 5:3-12.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 2, no. 2 (2018): 115.

Runtung, Simon, and Rini Bunga. “Kompetensi Pedagogik Yesus Berdasarkan Matius 5-7 Dan Implementasinya Dalam Pelayanan Sekolah Minggu.” Jurnal Misioner 1, no. 1 (2021): 99–120.

Saputra, Yudha Nata. “Penilaian Berbasis Test Di Sekolah Minggu.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 2 (2020): 155.

Savitri, Elisabet, Lukita Dewi, Tiur Imeldawati, and Novi Juliana Sinurat. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penurunan Pelayanan Anak Di GKJB Bukit Sion Tanjung Morawa.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2020): 1–12.

Sembiring, Johannes. “Implementasi Pola Pemuridan Yesus Menurut Injil Matius.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 2 (2020): 113–126.

Semuel Ruddy Angkouw, dan Andreas Joswanto, Endah Mulyani. “Keteladanan Yesus Mengajar Murid-Murid Dan Implikasinya Bagi Pelayanan Sekolah Minggu.” Real didache: journal of christian education 2, no. 1 (2022): 30–44.

Setiawan, Samuel Agus, and Andrias Pujiono. “Urgenitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dalam Pelayanan Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Injili 1, no. 2 (2021): 102–110.

Sidjabat, samuel B. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis-Filosofi. Yogyakarta: Majalah rohani, 1987.

Sihombing, Andrianus Nababan dan Warseto Freddy. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5 No. 1 (2021): 116–124.

Sons, Jhon Wiley and. Introduction to Qualitative Research Methods; A Guidebook and Resource. kanada: new jersey, 2016.

Supartini, Tri. “Implementasi Teologia Anak Untuk Mewujudkan Gereja Ramah Anak.” Jurnal teologi 1, no. 1 (2019): 1–14.

Tafonao, Talizaro. “Yesus Sebagai Guru Teladan Dalam Masyarkat Berdasarkan Perspektif Injil Matius.” Khazanah Theologia 2, no. 1 (2020): 52–60.

Tarigan, Iwan Setiawan, Maria Widiastuti, and Warseto Freddy Sihombing. “Hukum Kasih Sebagai Fondasi Hidup Kristen Sejati.” Jurnal Teologi Cultivation 6, no. 1 (2022): 143–160.

Telaumbanua, Arozatulo. “Implementasi Konsep Pengajaran Yesus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal teologi rahmat 6, no. 1 (2020): 27–39.

Utomo, Bimo Setyo, and Eddy Tjondro. “Ulangan 31:9-13 Sebagai Landasan Strategi Guru Sekolah Minggu Dalam Mengajarkan ‘Takut Akan Tuhan.’” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2021): 34–48.

Warseto Freddy Sihombing, Parsaoran Tambunan, Arnol Martumpu Manurung. “Yesus Hamba TUHAN Yang Dipilih (Penggenapan Yesaya 42:1-4 Dalam Matius 12:15b-21).” Jurnal Teologi Cultivation Vol. 5 No. (2021): 129–143.

Wijaya, Yahya. “Kepemimpinan Yesus Sebagai Acuan Bagi Kepemimpinan Gereja Masa Kini.” Jurnal Jaffray 16, no. 2 (2018): 129.

Yulianingsih, Dwiati. “Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu Dwiati Yulianingsih.” Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 2 (2020): 285–301.

Yunus, Yuhana. “Konseling Anak Berdasarkan Matius 18:10 Dan Relevansinya Untuk Meningkatkan Spiritual Anak Sekolah.” jurnal Excelsis deo 5, no. 1 (2021): 288–289.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v6i2.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Endirman Tafonao, Yeremia Hia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.