Analisis Permasalahan Pelayanan Diakonia Transformatif Di Jemaat GMIT Sion Loti

Eritrika Adriana Nulik, Endang Damaris Koli

Abstract


Artikel ini menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan pemahaman pelayanan diakonia transformatif di jemaat GMIT Sion-Loti. Diakonia transformatif merupakan pendekatan pelayanan gereja yang berfokus pada perubahan sosial kemasyarakatan. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan dalam pemahaman dan implementasi pelayanan diakonia transformatif dan faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman tersebut. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap anggota jemaat dan para majelis jemaat. Hasil analisis menunjukkan bahwa permasalahan utama terletak pada pemahaman yang terbatas mengenai esensi diakonia transformatif. Banyak anggota jemaat masih mengaitkan pelayanan diakonia dengan bantuan material, tanggung jawab pihak lain dan bersifat sukarela semata. Faktor budaya, ego, dan kepemimpinan juga memengaruhi persepsi terhadap pelayanan diakonia, mengakibatkan penghalangan dalam mengadopsi pendekatan transformatif. Artikel ini menyimpulkan bahwa diperlukan upaya edukasi dan pelatihan yang lebih intensif untuk meningkatkan pemahaman mengenai diakonia transformatif. Jemaat perlu diikutsertakan dalam dialog dan refleksi kolektif mengenai relevansi pelayanan diakonia transformatif dalam konteks lokal mereka. Selain itu, dukungan dari pihak gereja dalam membentuk budaya pelayanan yang berfokus pada transformasi dapat membantu mengatasi permasalahan yang diidentifikasi.


Keywords


diakonia transformatif; GMIT Sion-Loti; pemahaman

Full Text:

PDF

References


Baghi, Felix. Alteritas: Pengakuan,Alteritas, Persahabatan : Etika Politik, Dan Postmoderdisme. Flores: Ladelero, 2012.

Eiesland, Nancy. Ecology: Seeing the Congregation in Context. In Studying Congregations: A New Hand Book. Nashville: Abingdon Press, 1998.

Ford, G. Kevin. Transforming Church: Bringing out the good to get to great. Eastbourne: David C. Cook U. K., Kingsway Communications, 2008.

Gittins, Anthony J. Ministry at the Margins: Strategy and Spirituality for Mission. New York: Orbis Books, 2004.

Hasugian, Jairus. “Tinjauan Diakronik Terhadap Konsep Dan Praktik Diakonia Sinode Gereja Isa Almasih.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021): 224–242.

Hehanussa, Jozef M N. “Pelayanan Diakonia Yang Transformatif :” Gema Teologi 36 (2012): 127–138.

Hendriks, Jan. Jemaat Vital Dan Menarik : Membangun Jemaat Dengan Menggunakan Metode 5 Faktor. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Lon, Y. (2020). Misi Ekologis Dalam Diakonia Gereja Dan Kearifan Lokal Manggarai.

Nainggolan, H. L., & Hasugian, E. (2019). PERANAN PELAYANAN MAJELIS GEREJA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN TRI TUGAS PANGGILAN GEREJA DI HKBP AGAVE MARINDAL-MEDAN.

Noordegraaf, A. Orientasi Diakonia Gereja: Teologi Dalam Prespektif Reformasi. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2011.

Nugroho, Fibry Jati. “Pendampingan Pastoral Holistik: Sebuah Usulan Konseptual Pembinaan Warga Gereja.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017): 139.

Para, Nimrot Doke, Ezra Tari, and Welfrid F. Ruku. “Peran Gereja Dalam Transformasi Pelayanan Diakonia.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 2 (2021): 81.

Pakpahan, Binsar J. The Power of Shame: Mengembalikan Makna Spiritual. Jakarta: Unit publikasi dan informasi STFT Jakarta dan BPK Gunung Mulia, 2016.

Permatasari, O. (2020). Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Dukungan Aparat Desa Terhadap Kemajuan Organisasi Fatayat NU Di Desa Balongmojo. OPTIMA, 4(1).

Siswanto Krido. “Tinjauan Teoritis Dan Teologis Terhadap Diakonia Transformatif.” Jurnal Simpson (2022).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Suharti, L. (2013). Pengaruh Servant Leadership (Kepemimpinan Melayani) terhadap Motivasi Pelayanan dan Dampaknya pada Komitmen Pelayanan Majelis Jemaat: Studi pada Majelis Jemaat GPM Klasis Pulau Ambon.

Tacoy, Selvester Melanton. “Pelayanan Dalam Konteks Masyarakat Perkotaan.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (2020): 36.

Tobing, P., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Inovasi Pembelajaran Guru Pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Widyatmadja, Yosef Purnama. Diakonia Sebagai Misi Gereja: Praksis Dan Refleksi Diakonia Transormatif. Yogyakarta: Kanisius, 2009.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v7i1.2104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Eritrika Adriana Nulik, Endang Damaris Koli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.