Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Di Kelas

Ralinta Saragih

Abstract


Abstract:

This study aims to determine the positive and significant effect of the implementation of inquiry learning strategies on students’ Christian Education learning activities in the classroom. The hypothesis of this study is that there is a positive and significant effect between the implementation of inquiry learning strategies on PAK learning activities of students in the classroom. In connection with the results of this study, the authors provide input for PAK teachers to improve the implementation of inquiry learning strategies so that students' PAK learning activities increase.

Keywords: inquiry learning strategy, student’ christian education learning activity

 

 Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan dari implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan belajar PAK siswa di dalam kelas. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapatnya pengaruh yang positif dan signifikan antara implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan belajar PAK siswa di kelas Sehubungan dengan hasil penelitian ini, penulis memberi bahan masukan bagi guru PAK untuk meningkatkan implementasi strategi pembelajaran inkuiri supaya keaktifan belajar PAK siswa meningkat.

Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri, keaktifan belajar PAK siswa


Keywords


Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Chomaidi dan Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Djamarah dan Zain, 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Harianto, GP. 2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Jauhar, Mohammad. 2016. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Mudjiono dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pebelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno dan Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i2.707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id