Komparasi Efektivitas Pelatihan Metode Drill Dengan Pelatihan Metode Solfegio Untuk Meningkatkan Kemampuan Vokal Paduan Suara Naposo Bulung HKBP Pardomuan Silangkitang

Roy J M Hutagalung

Abstract


Abstract:

This study aims to compare the effectiveness of using the drill method with the solfegio method in vocal training for the “Naposo Bulung Choir” HKBP Pardomuan Silangkitang, North Tapanuli Regency. The number of Naposo Bulung who participated in the drill method training was 30 people consisting of 12 Sopranos, 8 Altos, 5 Tenors and 5 Bassers, and the Solfegio method training with 30 participants consisting of 10 Sopranos, 8 Altos, 6 tenors, and 6 bass people. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis with data collection through pre-test and post-test. The assessment components used are Vocal Techniques (Pitch, Phrasing, Harmonization, Articulation, and Intonation) and Expression (Tempo, Dynamic, Interpretation, Rhythm, and Resonance). Based on the results of the training research, it is known that the pre-test score is 733, while the post-test score is 836. From the pre-test and post-test scores, it is known that there was an increase in the vocal ability of the Naposo Bulung Choir of HKBP Pardomuan Silangkitang, North Tapanuli Regency. Research shows that the use of the sofegio method is 18.9% effective while the drill method is 14%, it can be concluded that choral vocal training using the sofegio method is more effective because it can increase vocal ability by 18.9%.

Keywords: vocal ability, choir, Application of drill and solfegio method

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi efektivitas penggunanaan metode drill dengan metode solfegio dalam pelatihan vokal paduan suara naposo bulung HKBP Pardomuan Silangkitang Kabupaten Tapanuli Utara. Jumlah naposo bulung yang mengikuti pelatihan metode drill sebanyak 30 orang terdiri dari Sopran 12 orang, Alto 8 orang, Tenor 5 orang dan Bass 5 orang, dan pelatihan metode solfegio dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari 10 orang sopran, 8 orang alto, 6 orang tenor, dan 6 orang bas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Komponen penilaian yang digunakan adalah Teknik Vokal (Pitch, Phrasering, Harmonisasi, Artikulasi, dan Intonasi) dan Ekspresi (Tempo, Dinamik, Interpretasi, Irama, dan Resonansi). Berdasarkan hasil penelitian pelatihan, diketahui skor pre-test sebesar 733, sedangkan skor post test sebesar 836. Dari nilai pre-test dan post test diketahui terjadi peningkatan kemampuan vokal paduan suara naposo bulung HKBP Pardomuan Silangkitang Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian menunjukkan, penggunaan metode sofegio efektif 18,9% sedangkan metode drill 14%, dapat disimpulkan pelatihan vokal paduan suara menggunakan metode solfegio lebih efektif karena dapat meningkatkan kemampuan vokal sebesar 18,9%.

Katakunci : kemampuan vokal, Paduan suara, Penerapan metode drill dan solfegio


Keywords


Kemampuan vokal, Paduan suara, Penerapan metode drill dan solfegio

Full Text:

PDF

References


Banoe, P. (2003). Kamus Musik Kanisius. Yogyakarta.

Jamalus. (1988). Musik Untuk SPG (Depdikbud). Jakarta.

Latifah, D. (2016). Vokal Teoritis dan Praktis. Bandung: Bitang Warliartika.

Muslich, M. (2008). Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pramayudha. (2010). Buku Pintar Olah Vokal. Yogyakarta: Buku Biru.

Pujiono. (2009). Metode Drill dan Penggunaannya. Retrieved from Metode Drill dan Penggunaannya

Rahardjo, S. (1990). Teori Seni Vokal. Semarang: Media Wiyata.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu.

Simanungkalit, N. (2013). Teknik Vokal Paduan Suara. Gramedia Pustaka Utama.

Sitompul, B. (1986). Paduan Suara dan Pemimpinnya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Soeharto, A. (1995). Kamus Musik. Jakarta: PT Gramedia.

Soewito, M. (1996). Teknik Termudah Belajar Vokal. Bandung: Titik Terang.

Widyastuti, M. G. (2007). Diktat Perkuliahan Vokal I. Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS: UNY.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i2.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id