Mencari Kerajaan Allah Dan Kebenarannya Dan Implementasinya Bagi Kehidupan Orang Kristen Masa Kini (Studi Eksegetis Matius 6:33)

Sonta Siketang

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna teologis “Kerajaan Allah dan kebenarannya” berdasarkan studi eksegetis Matius 6:33 dan untuk mengetahui implementasinya bagi kehidupan orang Kristen masa kini. Metode penelitian dalam penulisan karya ilmiah ini adalah metode kualitatif, yakni dengan pendekatan studi eksegetis. Di dalam penelitian dan pembahasan terdapat hasil, yaitu: kerajaan Allah adalah kegiatannya yang mengadakan ruang dan kebebasan bagi manusia yang tertindas, kerajaan itu datang dengan keadilan yang menyelamatkan, membebaskan manusia dari kuasa Mamon (harta, milik, nama, dll), membebaskan dari kekuatiran hidup pada saat ini dan pada waktu yang akan datang (makanan, minuman dan pakaian) serta memberikan kepadanya kepercayaan bahwa Allah sebagai Bapa yang menjaga dan memelihara kehidupannya sepenuhnya; mencari kerajaan Allah dan kebenarannya adalah perioritas orang Kristen; dan Allah akan memelihara orang yang mengutamakan Dia.Penelitian ini mengambil kesimpulan bahwa manusia diperintahkan Allah untuk mengutamakan mencari kerajaan Allah dan kebenarannya, karena hanya Allah saja yang berkuasa atas manusia dan hanya Dia saja yang benar, kemudian Yesus mengungkapkan ada janji yang akan diberikan Allah yang bagi orang yang mencari kerajaan Allah dan kebenarannya, yaitu pemeliharaan-Nya. Sebagai orang Kristen yang percaya kepada Yesus Kristus harus mengutamakan mencari kerajaan Allah dan kebenarannya dengan segenap hati, jiwa dan perbuatannya secara terus-menerus.

Kata kunci : Kerajaan Allah, Kebenaran dan Pemeliharaan.

 

Abstract

This study aims to determine the theological meaning of "the kingdom of God and truth (exegetical study of Matthew 6:33) and to find out its implementation for the lives of Christians present time. The research method in writing scientific papers is a qualitative method, namely the exegetical study approach. In the research and discussion there are results, namely: the kingdom of God is an activity that provides space and freedom for oppressed humans, the kingdom comes with justice that saves, frees humans from the power of Mammon (property, property, name, etc.), frees from worries. live in the present and in the time to come (food, drink and clothing) and give him the confidence that God is the Father who keeps and takes care of his life completely; seeking the kingdom of God and its righteousness is a Christian priority; and Allah will take care of those who put Him first. This research concludes that humans are ordered by God to prioritize seeking God's kingdom and its truth, because only God alone has power over humans and only He is true, then Jesus revealed that there is a promise that God will give for those who seek God's kingdom and its truth. namely His care. As a Christian who believes in Jesus Christ, he must give priority to seeking the kingdom of God and its righteousness with all his heart, soul and deeds continuously.

Keywords: Kingdom of God, Truth and Care

Keywords


Ilmu Teologi

Full Text:

PDF

References


Bavinck, J. H. Sejarah Kerajaan Allah 2 Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia,2007.

Bertus, Herry. Kaya di Dunia dan Masuk Surga. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Drane, John. Memahami Perjanjian Baru. Jakarta: Gunung Mulia, 2006.

Enns, Paul. The Moody Handbook Of Theology: Buku Pengantar Teologi 1. Malang: Departemen Literatur SAAT, 2003.

Fee, Gordon D. Eksegesis Perjanjian Baru Edisis ke Tiga. Malang: Literatur SAAT, 2011.

Green, Joel B. Memahami Injil-Injil Dan Kisah Para Rasul. Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 2005.

Guthrie, Donald. Teologi Perjanjian Baru 2. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006..

__________. Teologi Perjanjian Baru 3. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Heer, J. J. De. Tafsiran Alkitab Injil Matius. Jakarta: Gunung Mulia, 2011.

Henry, Matthew. Tafsiran Injil Matius 1-14. Surabaya: Momentum, 2007.

Kurniawan, Daud. Kerajaan Allah Ada di Antara Kita. Bandung: Kalam Hidup, 2006.

Ladd, George Eldon. Teologi Perjanjian Baru 1. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2002.

Lumintang, Stevri Indra dan Danik Astuti Lumintang. Theology Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id