Hubungan Kepercayaan Diri Siswa dengan Hasil Belajar PAK Kelas VII Di SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2020/2021

IRNA YULITA SIHOTANG

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar PAK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2020/2021, dengan hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar PAK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif inferensial, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul yang berjumlah 86 orang dengan sampel berjumlah 65 orang. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 31 item yang disusun oleh penulis berdasarkan indikator variabel sesuai teori ahli. Uji coba angket dilakukan kepada 21 siswa yang bukan responden penelitian, dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar PAK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi rhitung  > rtabel atau 0,612> 0,244 dan uji signifikan hubungan diperoleh thitung>ttabel sebesar 6,148 > 2,000, dengan demikiandapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima .

Katakunci : Hasil belajar, Kepercayaan diri

 

Abstract

This study aims to determine the magnitude of the relationship between Student Confidence and PAK Learning Outcomes in Class VII Sumbul, Dairi District, 2020/2021 Learning Year, with the hypothesis that there is a positive and significant relationship between Student Confidence and PAK Learning Outcomes in Class VII SMP Negeri 4 Sumbul Regency. Dairi Academic Year 2020/2021. This study used an inferential descriptive quantitative approach, with a population of all students of class VII SMP Negeri 4 Sumbul, totaling 86 people with a sample of 65 people. Data were collected using a closed questionnaire of 31 items compiled by the author based on variable indicators according to expert theory. Questionnaire trials were conducted on 21 students who were not research respondents, and had tested their validity and reliability. The results of data analysis show that there is a positive and significant relationship between Student Confidence and PAK Learning Outcomes in Class VII SMP Negeri 4 Sumbul Dairi Regency 2020/2021 Learning Year with a correlation coefficient r count > r table or 0.612 > 0.244 and a significant correlation test is obtained t count > t table of 6, 148 > 2,000, thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted.

Keywords: Learning Outcomes, Self-Confidence


Keywords


Kepercayaan Diri, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi abu. 2002. Psikologi Sosial, Jakarta : PT Rineka cipta

Arikunto Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Yogyakarta: PT.Rineka Cipta

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta

BS. Sidjabat .2008.Membesarkan anak dengan Kreatif, Yogyakarta :Andi

Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran, Jakarta : PT Rineka cipta

Effendi usman. 1984. Pengantar psikologi, Bandung: Angkasa Bandung

Gufron.2010.Teori-Teori Psikologi , Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA

Hakim Thursan.2002.Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Jakarta:Puspa Swara

Harianto . 2012 . Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia

Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta : Gunung Mulia

Homrighausen , Enklaar . 2008, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta, : Gunung

mulia

Kristanto Paulus lilik. 2006. Prinsip Dan Praktis Pendidikan Agama Kristen ,

Yogyakarta: ANDI

Kristanto .2006. Prinsip dan Praktis Pendidikan Agama Kristen, yogjakarta :

Penerbit Andi

Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar,Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiono . 2016, Metode Penelitian , Bandung : Alfabeta

Sukadji Soetarlinah.2000. Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian,

Jakarta: Universitas Indonesia

Sumiati. 2016. Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id