Hubungan Kepercayaan Diri Siswa dengan Hasil Belajar PAK Kelas VII Di SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar PAK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2020/2021, dengan hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar PAK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif inferensial, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul yang berjumlah 86 orang dengan sampel berjumlah 65 orang. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 31 item yang disusun oleh penulis berdasarkan indikator variabel sesuai teori ahli. Uji coba angket dilakukan kepada 21 siswa yang bukan responden penelitian, dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar PAK Di Kelas VII SMP Negeri 4 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi rhitung > rtabel atau 0,612> 0,244 dan uji signifikan hubungan diperoleh thitung>ttabel sebesar 6,148 > 2,000, dengan demikiandapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima .
Katakunci : Hasil belajar, Kepercayaan diri
Abstract
This study aims to determine the magnitude of the relationship between Student Confidence and PAK Learning Outcomes in Class VII Sumbul, Dairi District, 2020/2021 Learning Year, with the hypothesis that there is a positive and significant relationship between Student Confidence and PAK Learning Outcomes in Class VII SMP Negeri 4 Sumbul Regency. Dairi Academic Year 2020/2021. This study used an inferential descriptive quantitative approach, with a population of all students of class VII SMP Negeri 4 Sumbul, totaling 86 people with a sample of 65 people. Data were collected using a closed questionnaire of 31 items compiled by the author based on variable indicators according to expert theory. Questionnaire trials were conducted on 21 students who were not research respondents, and had tested their validity and reliability. The results of data analysis show that there is a positive and significant relationship between Student Confidence and PAK Learning Outcomes in Class VII SMP Negeri 4 Sumbul Dairi Regency 2020/2021 Learning Year with a correlation coefficient r count > r table or 0.612 > 0.244 and a significant correlation test is obtained t count > t table of 6, 148 > 2,000, thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted.
Keywords: Learning Outcomes, Self-Confidence
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi abu. 2002. Psikologi Sosial, Jakarta : PT Rineka cipta
Arikunto Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
Yogyakarta: PT.Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta
BS. Sidjabat .2008.Membesarkan anak dengan Kreatif, Yogyakarta :Andi
Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran, Jakarta : PT Rineka cipta
Effendi usman. 1984. Pengantar psikologi, Bandung: Angkasa Bandung
Gufron.2010.Teori-Teori Psikologi , Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA
Hakim Thursan.2002.Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Jakarta:Puspa Swara
Harianto . 2012 . Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia
Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta : Gunung Mulia
Homrighausen , Enklaar . 2008, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta, : Gunung
mulia
Kristanto Paulus lilik. 2006. Prinsip Dan Praktis Pendidikan Agama Kristen ,
Yogyakarta: ANDI
Kristanto .2006. Prinsip dan Praktis Pendidikan Agama Kristen, yogjakarta :
Penerbit Andi
Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar,Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiono . 2016, Metode Penelitian , Bandung : Alfabeta
Sukadji Soetarlinah.2000. Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian,
Jakarta: Universitas Indonesia
Sumiati. 2016. Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima
DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id