Kualitas Pelayanan di Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti (Sebuah Analisis terhadap Kepuasan Wisatawan)

Lestari Lovelia Sitohang, Yulia K. S. Sitepu, Jupalman Welly Simbolon

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prosedur pelayanan terhadap wisatawan, Sarana dan prasarana yang mendukung Kualitas pelayanan dan untuk mengetahui Tingkat Kualitas pelayanan di Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti dengan melakukan Analisis terhadap Kepuasan Wisatawan,  penelitian ini menggunakan Metode Pendekatan Kualitatif Deksriftif  dan metode pengumpulan data melalui wawancara Semiterstruktur dan observasi partisipatif, adapun informan wawancara dalam penelitian ini berjumlah lima orang wisatawan dari domisili yang berbeda. Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KepuasanWisatawan Di Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti dikategorikan dengan Kategori cukup Memuaskan dengan beberapa perbaikan yaitu yang pertama masalah perbaikan toilet, kedua kurang responsif nya pemandu  dalam melayani wisatawan dan kurang nya antraksi wisata terkhusus bagi  wisatawan anak-anak


Keywords


Kualitas Pelayaanan

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, dkk. 2016. Analisis Kepuasan Wisatawan terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogjakarta. Vol.3. No. 2. 102-112. diakses dari Ojs. unm. ac.id. 22 Desember 2021.https://doi. org/10.26858/ja.v3i2. 2571

Bahriansyah bahriansyah dkk.2021.pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada Hotel Pondok Losari di Makassar.Vol.3.No.1.107.diakses dari Movere Journal.14 Juni 2022.https://doi.org/10.53654/mv.v3i1.174

Geopark Nasional Kaldera Toba.Kaldera Toba Geopark Supervulcano terbesar di dunia.Geopark Nasional Kaldera Toba.

Kalebos, Fatmawati. 2016. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Wisatawan yang berkunjung ke Daerah Wisata Kepulauan. Kepulauan Sitaro. diakses dari Ejournal. unsrat. ac. id. Vol. 4, No. 3. 489 - 502. 01 Januari 2022.

Maryono, M., Effendi, H., & Krisanti, M. (2016). Analisis kepuasan wisatawan untuk manajemen pantai di wisata Pantai Tanjung Bira. Jurnal Pariwisata, 3(2), 95-104.

Priyanto,dkk. 2018. PREPRINTS. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan wisatawan serta dampaknya terhadap loyalitas studi di Ciater Spa Resort. diakses dari PREPRINTS. Vol. 2. 1-13. 22 Desember 2021. 10.31219/0sf io/yevg6.

Rahma, Ade, Mutia, 2018. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. Analisis Kepuasan Wisatawan dalam melakukan aktivitas Wisata di Pantai Pangandaran. Vol. 15, No 1. 75-78. 10 Januari 2022. diakses dari ejournal. upi. Edu. https://doi.org/10.17509/jurel.v15i1.11437.

Rai utama, Bagus. 2017.Pemasaran Pariwisata. Yogjakarta : ANDI OFFSET.

Semiawan, R, Conny. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Susanti, Putu, Putri, dkk, (2016).Analisis Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Di MBA Tour & Travel, 4. Jurnal IPTA ISSN, 2338, 8633.

Wirajaya, Y. (2013). Analisis Kepuasan Wisatawan Mancanegara Terhadap Kualitas Pelayanan Pariwisata. Jurnal Manajemen dan Akuntan




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id