Peranan Pokdarwis Dalam Mengembangkan Desa Wisata Yang Berkelanjutan Di Onan Runggu 1 Kecamatan Sipahutar Kabupaten TAPUT

Flora Sibuea, Yulia K. S. Sitepu, Herlina Saragih

Abstract


Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kelompok masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dengan menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang pariwisata, meningkatkan sumber daya manusia, mendorong terwujudnya Sapta Pesona. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang menjadi subyek dan obyek dalam penelitian ini adalah Pokdarwis Onan Runggu 1,  Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pokdarwis Onan Runggu 1 dalam mengembangkan Desa Wisata Onan Runggu 1 yang berkelanjutan. Peranan Pokdarwis pada tahapan perencanaan tergolong masih membutuhkan pembinaan dari pihak terkait selain masih Desa Wisata baru, ternyata pengurus pokdarwis Onan Runggu 1 belum memiliki keberanian untuk mengajak masyarakat berpatisipasi sehingga kesadaran dan sikap peduli masyarakat tidak terbangan. Peran Pokdarwis Onan Runggu 1 mampu berperan sebagai penggerak bagi masyarakat dimana masyarakat telah memberikan dukungan serta peran sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan terwujudnya sapta pesona meskipun dalam kenangan masih belum terpenuhi dengan baik.

Keywords


Pokdarwis, Desa Wisata, Desa Wisata yang berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Buku Pedoman Pengelolaan Desa Wisata. (2018). Jawa Barat.

Darmawan, D. (2013). Sadar Wisata, Sapta Pesona, dan Ekonomi Kreatif. Disampaikan pada kegiatan Sosialisasi Sapta Pesona, Disbudpar Kota Pontianak.

Dewi, M. H. (2013). Pengembangan Desa Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal. Jurnal KAWISTARA, Vol 3, 131.

Enza, R. (2020). Peran Pokdarwis Andang Taruna Sebagai Katalisator Terwujudnya Karakter Peduli Wisata. Journal of Governance Innovation, Vol 2, 168.

Gamal, S. S. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: andi.

I Gde Pitana & I Ketut Surya Dirta. (2017). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

JawaBarat, D. K. (2018). Buku Pedoman Pengelolaan Desa Wisata. Jawa Barat.

Murianto. (2020). Peranan Pokdarwis Batu Rejeng Untuk Mengembangkan Desa Sentiling Lombok Tengah. Jurnal Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Vol.1, 21-22.

Novaria, R. (2021). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengelolaan Objek Wisata Waduk Grobogan. Jurnal Administrasi Negara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 5.

Resnawati, R. (2020). Strategi Community Practice Dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Social Work Journal Vol.6, 109.

Soekadiji, R. (1996). Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata Sebagai "Systemic Linkage" ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suansri, P. (2003). Comunity Based Tourism Hand Book. Thailand : Rest Project, 12.

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Pariwisata (Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi, R&D). Bandung: Alfabeta.

Utama, I. G. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Wisata, B. P. (2012). Jakarta.

Yatmaja, P. T. (2019). Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat 0leh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Dalam Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 28-29.

Yoeti, O. A. (2018). Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id