Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan (Hand Puppet) terhadap Peningkatan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD SOS HKBP Sitabotabo

Halima Marisa Nababan, Winarti Agustina, Hisardo Sitorus

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of using Hand Puppet media on the improvement of receptive language for children aged 5-6 years at PAUD SOS HKBP Sitabotabo. The method used in this research is quantitative inferential statistics. The population is all children aged 5-6 years in PAUD SOS HKBP Sitabotabo, totaling 30 people. Data were collected using a positive closed questionnaire of 30 items. The results of data analysis showed that there was an effect of using Hand Puppet Media on the Improvement of Receptive Language for Children aged 5-6 Years in PAUD SOS HKBP Sitabotabo.: 1) Test requirements analysis: a) positive relationship test obtained values rxy = > rtabel(a=0,05,n=30) = 0,361 Thus, it is known that there is a positive relationship between the X variable and the Y variable. b) The test of a significant relationship is obtained by the value of thitung= 3,980> ttabel(a=0,05,dk=n-2=28 )= 2,048 thus there is a significant relationship between variable X and variable Y. 2) Test the effect: a) Test the regression equation, the regression equation is obtained  b) Test the coefficient of regression determination  (r2) = 36%. 3) Test the hypothesis by using the F test obtained Fhitung ≥ Ftabel that is  15,84 > 1,62 Thus Ha is accepted and H0 is rejected.


Keywords


Hand Puppet Media, Receptive Language Improvement.

Full Text:

PDF

References


Ambiyar, Nizwardi Jalinus. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dewi, Putri Kumala dan Budiana, Nia. 2018. Media Pembelajaran Bahasa (Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalam Pembelajaran). Malang: UB Press.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Darul. 2013. Pengaruh Media Hand Puppet Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Pendek Anak Tunagrahita Kelas. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus V.

Gunarti. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Guntur, Tarigan Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Habibi, Muazar. 2012. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Yogyakarta: Deepublish.

KBBI. 2002.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Pijakan Mahasiswa, Guru dan Pengelola TK/RA/KB/TPA). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Musfiroh, Takdiroatun. 2005. Bercerita Untuk AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pratama, Nia Agustina. 2018. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Puppet Show di TK Angkasa. Mataram: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.

Ruhan, A. 2012. Tuntunan Praktis Membuat Anak Anda Cepat Pintar Ngomong. Yogyakarta: Garailmu.

Santoso, Kusno Budi. 1990. Problematika Indonesia. Bandung: Angkasa.

Setiawan, Dodi. 2016. Penggunaan Media Boneka Tangan (Hand Puppet) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas III SDN 3 Telangkah Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2017. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Susanti. 2016. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Anak melalui Penggunaan Media Film Animasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun Ke-5. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Trisna, I Wyn Eddi dkk. 2014. Pengaruh Strategi Drta Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Utama, Dwijaya. 2017. Jurnal Pendidikan (Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidik, Edisi 35 Volume 9 Mei 2017, Agustus 2008.

Walija. 1996. Bahasa Indonesia dalam Perbicangan. Jakarta: IKIP.

Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Widayatun, Tri Rusmi. 1999. Ilmu Perilaku. Jakarta: CV. Sagung Seto.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id