Problematik Pendidikan Indonesia Masa Kini

Anry Krismanto Nababan, Binur Panjaitan

Abstract


Kualitas Peradapan suatu bangsa sangat bergantung pada bagaimana kualitas pendidikan diselenggarakan oleh masyarakat. Sejarah membuktikan bahwa hanya bangsa-bangsa yang menyadari dan memahami makna strategis pendidikanlah yang mampu meraih kemajuan dan menguasai dunia. Bagaimana pun, pendidikan merupakan alat paling penting bagi perubahan dan pencapaian kemajuan dalam berbagai dimensi kehidupan. Pelaku pendidikan maupun masyarakat umum sudah selayaknya membuka mata akan permasalahan bangsa khusunya yang dialami generasi saat ini. Buku pelajaran pelaku pendidikan saling bersaing menyuguhi peserta didik dengan bidang studi dari kacamata spesialis, padahal belum tentu semua pendidik ataupun buku pelajaran mampu mengkoneksikannya dengan pengalaman peserta didik. Bahan keilmuan belum dapat diterjemahkan ke dalam istilah-istilah kehidupan, melainkan secara langsung disodorkan sebagai pengganti kehidupan peserta didik, atau sebagai suntikan pada kehidupan peserta didik saat ini. Begitu juga dengan Mutu pendidikan yang instan yang menjadi  momok bagi orang tua. Materi ilmiah yang disampaikan pada tataran logispun akan akan kehilangan mutunya jika ditampilkan dalam bentuk siap pakai dihadapan peserta didik, bahkan fasilitator pendidikan pun belum bisa menunjukan pengalaman kehidupan nyata. Daya-daya penalaran peserta didik, kemampuan mengabtrasikan dan menggeneralisasi, tidak berkembang memadai. Kontradiksi yang terlihat ialah peserta didik memperoleh mamfaat dari rumusan logis orang dewasa. Peserta didik pun tidak mendapat manfaat dari potensi-potensinya sendiri dalam memahami dan menanggapi masukan.


Keywords


Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Brigida Intan Printina. 2019. Membumikan Moral dan Cita Benih

Bangsa, Seleman: Penerbit deepublish.

Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertian-

pendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017

Mohamad Hasan, Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. 2001.

Jakarta: Penerbit Tahta Media Group.

Puskomda Surabaya Raya. 2008. Potret Pendidikan Indonesia. http://www.fsldkn.org/ke-

ummat-an/potret-pendidikan-indonesia.html. Diunduh pada 8 Januari 2008.

http://www.kumpulandefinisi.com/2015/10/pengertian-definisi-tujuan-pendidikan-menurut-para-ahli.html

https://eprints.umm.ac.id/41375/3/BAB%20II.pdf

https://www.academia.edu/8482889/PENDIDIKAN_DI_INDONESIA, Penulis Marzhuu Ninomiya




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id