Pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen

Yusak Tanasyah, Bobby Kurnia Putrawan

Abstract


Penelitian pendidikan dipengaruhi oleh perkembangan hasil teknologi, lingkungan, dan budaya yang digunakan sebagai sumber materi, sarana komunikasi. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar, memegang peranan kunci, sehingga sebagai bagian dari proses belajar mengajar, siswa harus aktif secara penuh, bahkan mempelajari materi secara individual. Jadi, jika istilah 'mengajar' atau 'mengajar' menempatkan guru sebagai 'pelaku utama' pemberi informasi, dalam 'pengajaran' guru lebih berperan sebagai fasilitator. Meningkatkan materi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pembelajaran pendidikan agama Kristen. Di akhir penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah konsep pembelajaran di mana guru membawa situasi kehidupan nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan mereka dan penerapannya dalam kehidupan mereka. hidup sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

 

Educational research is influenced by the development of technological, environmental, and cultural results that are used as a source of material, a means of communication. Students are positioned as learning subjects, playing a key role, so as part of the teaching and learning process, students must be fully active, even studying the material individually. So, if the terms 'teaching' or 'teaching' place the teacher as the 'main actor' providing information, in 'teaching' the teacher acts more as a facilitator. Improving contextual learning materials in Christian religious education learning. This study aims to determine the effect of contextual learning on Christian religious education learning. At the end of this research, the writer concludes that Contextual Teaching and Learning (CTL) is a learning concept in which teachers bring real-life situations into the classroom and encourage students to make connections between their knowledge and its application in their lives. live as members of the family and society.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Peningkatan hasil, Pendidikan Agama Kristen; Contextual Learning, Improving results, Christian Religious Education

Full Text:

PDF

References


D. Perin, (2011). Facilitating Student Learning Through Contextualization. Community College Review, 39.

Ernayeti (2018) “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Inuman.” Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Januari 2018 | https://media.neliti.com/media/publications/258101-penerapan-model-pembelajaran-contextual-d98b292a.pdf

H Wina, Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran. Indonesia. Kencana Prenada media Group.

G. Zeybek, (2017). An investigation on quantum learning model. International Journal of Modern Education Studies, 1(1), 16-27. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED590609.pdf

Johnson, Elaine (2007) Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC

Imeldawati, T. (2019). Manajemen Perguruan Tinggi Teologi. KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 61–74. http://www.sttiimedan.ac.id/e-journal/index.php/kerugma/article/view/6

Imeldawati, T. (2020). Guru PAK Sebagai Desainer Pendidikan. Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 32–49.

Imeldawati, T., Panjaitan, B., & Sihombing, W. F. (2022). Pendidikan Agama Kristen di Masa Lalu-Masa Kini dan pada Persfektif Masa Depan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13605–13614.

Lotulung Florence Chrisant, Tumurang Hetty Ibrahim Nurdin (2018) Effectiveness of Learning Method Contextual Teaching Learning (CTL) for Increasing Learning Outcomes of Entrepreneurship Education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – July 2018, volume 17 issue 3. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1184198.pdf

Nurhadi, dkk., (2004) Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mangun Sigit Wardoyo. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alvabeta.

Satriani, Intan & Emilia, Emi & Gunawan, Handi. (2012). Contextual teaching and learning approach to teaching writing. Indonesian Journal of Applied Linguistics. 2. 10.17509/ijal.v2i1.70.

Sepriady Jeki (2016) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah Vol 2, No 2 (2016) https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/ index.php/Kalpa/ article/view/1603/1409

Sidjabat, B.S. (2011). Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup.

Sutarjo Adisusilo , J.R. (2014). Pembelajaran Nilai- Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Tawil Muh.. PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PENDIDIKAN ANAK DINI USIA. http://ppipa.unm.ac.id/karya-ilmiah/artikelpadu1palu005.pdf

Zulaiha Siti (2016) Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam vol. 1, no 01, 2016 STAIN Curup – Bengkulu | p-ISSN 2548-3390; e-ISSN 2548-3404. https://core.ac.uk/download/pdf/230670318.pdf

Rusman, (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id