Studi Deskriptif Nyanyian Jemaat Dalam Ibadah Minggu Di Gereja HKBP Lumban Lintong Kabupaten Samosir

Robert KA Simangunsong, Hermanda Ihut Tua Simamora, Natalia Kristina Panggabean

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas faktor faktor apa saja yang terjadi disaat jemaat bernyanyi dalam ibadah minggu di Gereja Huria Kristen Batak Protestan ( HKBP ) Lumban Lintong kabupaten samosir. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun proses kerja yang di lakukan saat penelitian berlangsung yaitu, menggunakan instrumen Wawancara, Pengamatan, Dokumentasi dan Studi Pustaka. Penelitian ini di lakukan dengan mengumpulkan informasi melalui penelitian di lapangan untuk memperoleh hasil yang diolah menjadi data asli. Penulis mengambil tiga sampel lagu yang dinyanyikan salah pada saat ibadah yaitu BE. 174, BE. 761, BE. 240. Penulis melihat secara langsung di lapangan mulai dari cara bernyanyi jemaat, nada lagu, dinamika, dan ketidaksesuaian iringan musik box dengan nyanyian jemaat.Hasil dalam Penelitian ini jelas memang terlihat ketiga lagu yang di nyanyikan jemaat terdapat kesalahan dalam bernyanyi yaitu yang pertama, jemaat kurang memahami notasi.Yang kedua, jemaat juga kurang memahami Tempo lagu sehingga ending dalam nyanyian tidak sesuai dengan iringan musik. Yang ketiga Artikulasi ketika notasi yang dinyanyikan jemaat tidak benar maka otomasis artikulasi dalam pengucapan syair lagu juga tidak jelas. Dan bisa kita simpulkan bahwa notasi,artikulasi dan tempo lagu sangat mempengaruhi kualitas nyanyian jemaat. Dari kesalahan tersebut upaya yang bisa di lakukan adalah memberikan pengetahuan kepada jemaat tentang pemahaman teknik cara bernyanyi yang benar bisa di lakukan dengan melaksanakan seminar dengan pembicara yang memang lulusan seni atau ahli dalam suara

Katakunci: studi deskriptif, nyanyian jemaat, ibadah

 

 

Abstract:

This study aims to determine clearly what factors occur when the congregation sings during Sunday worship at the Huria Kristen Batak Protestant Church (HKBP) Lumban Lintong, Samosir Regency. The method used in this research is a qualitative research method. The work process carried out during the research was using the instruments of Interview, Observation, Documentation and Literature Study. This research was conducted by collecting information through research in the field to obtain results that were processed into original data. The author took three samples of songs that were sung incorrectly during worship, namely BE. 174, BE. 761, BE. 240. The author saw directly in the field, starting from the way the congregation sang, the tone of the song, the dynamics, and the discrepancy between the accompaniment of the music box and the congregation's singing. The results in this study clearly show that the three songs sung by the congregation have errors in singing, namely the first, the congregation does not understand the notation. Second, the congregation also does not understand the tempo of the song so that the ending in the song does not match the musical accompaniment. The third is articulation when the notation sung by the congregation is not correct, the automatic articulation in the pronunciation of song lyrics is also unclear. And we can conclude that the notation, articulation and tempo of the song greatly affect the quality of the congregation's singing. From these mistakes, the effort that can be done is to provide knowledge to the congregation about understanding the correct singing technique, which can be done by holding seminars with speakers who are art graduates or experts in sound.

Keywords: descriptive, study of congregational song, worship


Keywords


studi deskriptif, nyanyian jemaat, ibadah

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Butarbutar, Robinson. 2021. Almanak HKBP, Pematangsiantar: Huria Kristen Batak Protestan.

Cahyo Sukrisno Putra.” Pembelajaran vokal dengan solfegio pada paduan suara gracia gitaswara di GKJ cilacap utara kabupaten cilacap”.2015.jurnal seni musik.

HKBP.2017. Bibel dohot Ende, Pearaja-Tarutung: Huria Kristen Batak Protestan.

HKBP.2017. Agenda HKBP. Pematangsiantar: Huria Kristen Batak Protestan.

Lembaga Alkitab Indonesia 2017. Alkitab dengan Kidung. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Mawene, 2004. Gereja Yang Bernyanyi. Yogyakarta: Majalah Rohani.

McNeill,Rhoderick J. 2012. Sejarah Musik 2. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia.

Moleong, J. Lexy. 2019. Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Naibaho,pestaria&Harianja,Simion. 2011. Liturgi dan Musik Gereja. Medan: C.V Mitra Dwi Lestari.

Pandopo, H.A. 1984. Mengubah Nyanyian Jemaat. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Rachman,Rasid. 2010. Pembimbing ke Dalam Sejarah Liturgi. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia.

Riemer.G. 1995. Cermin injil ilmu liturgi. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Sugiono, 2018. Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stewart C. Ted. 2008. Higher Level Worship. Yogyakarta: Majalah Rohani.

Tim Dosen, 2017. Pedoman Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Universitas PGRI Ronggolawe.

Tim Dosen,2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Tarutung: STAKPN Tarutung.

Viv Hibert&Mike. 2001. Pelayanan Musik. Yogyakarta: Majalah Rohani.

www.duniadosen.com/cara-mengutip-dari-jurnal/




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i1.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id