Meretas Batas - Merajut Asa (Menelisik Iklim Dalam Relasi Antar Jemaat di GBKP, Menuju Transformasi Yang Menghidupkan)

Ranti Ranti

Abstract


Dinamika perjalanan spiritual gereja di era global yang terus berubah, menuntut gereja untuk responsif terhadap perubahan yang terjadi, baik dalam segi budaya, tradisi, dan model eklesiologi. Tulisan ini menyoroti tantangan yang dihadapi GBKP dalam mendorong partisipasi aktif jemaat dalam pelayanan gereja, meskipun tema pelayanan aktif telah diusung ternyata masih memiliki hambatan yang signifikan, diantaranya adalah kekakuan relasi antar jemaat dan ketegangan dengan pejabat gereja. Analisis terhadap kesenjangan ini dilakukan dengan merujuk pada prinsip partisipatif dan egaliter dalam tata aturan GBKP. Namun, pada praktiknya seringkali menunjukkan bahwa relasi struktural seringkali eksklusif dan tidak mengakomodasi perbedaan pandangan, dan menghalangi transformasi dinamis dalam komunitas gereja. Penulis mengusulkan strategi untuk mengatasi kekakuan ini, termasuk menggunakan teori retraditioning dari Diana Bass dan teori pembangunan jemaat dari Jan Hendriks, untuk mencapai transformasi struktural yang lebih inklusif dan vital dalam GBKP.


Keywords


GBKP; Kekakuan; Relasi; Struktural; Transformasi; pembaharuan

References


Adiprasetya, Joas. “The Good yet Missing Innkeeper and the Possibility of Open Ecclesiology.” Ecclesiology 14, no. 2 (2018): 185–202. https://doi.org/10.1163/17455316-01402006.

Lumbantobing, Andar. Makna Wibawa Jabatan Dalam Gereja Batak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2022.

Jonge, Christiaan De. Apa Itu Calvinisme? Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998. https://www.google.co.id/books/edition/Apa_itu_Calvinisme/F9KBAZ7hJDAC?hl=en&gbpv=1&dq=apa+itu+calvinisme&pg=PA92&printsec=frontcover.

Bass, Diana B. The Practicing Congregation. Imagining A New Old Church. Virgina: The Alban Institute, 2004.

Hendriks, Dr. Jan. Jemaat Vital & Menarik: Membangun Jemaat Dengan Menggunakan Metode LIma Faktor. Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Gitowiratmo, St. “Hidup Jemaat Di Alam Partisipatif Dan Transformatif.” Orientasi Baru. Yogyakarta: Kanisius, 1999.

Harefa, Jul Imantris ; Yunelis Ndraha. “Membangun Jemaat Yang Kontekstual Menurut Teori Pembangunan Jemaat Jan Hendriks.” Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 14 No. 1 (2021). https://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/62/42.

Ford, Kevin G.. Transforming Church. United States of America: David C. Cook, 2008.

Kooij, Rijn van, Sri Agus. Patnaningsih, and Yam’ah Tsalatsa A. Menguak Fakta, Menata Karya Nyata: Sumbangan Teologi Praktis Dalam Pencarian Model Pembangunan Jemaat Kontekstual. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Moderamen GBKP. Buku Saku: Pokok-Pokok Pengakuan Iman GBKP (Konfesi). Kabanjahe: Abdi Karya, 2016.

———. GBP (Garis-Garis) Besar Pelayanan GBKP Tahun 2021-2025. Kabanjahe: Abdi Karya-GBKP, 2021.

———. Sasaran Pelayanan GBKP Tahun 2022. Kabanjahe: Abdi Karya-GBKP, 2022.

———. Tata Gereja GBKP: Edisi Sinode XXXVI, 2021. Kabanjahe: Abdi Karya, 2021.

Moderamen GBKP. “Perencanaan Sasaran Program 2023 : Jemaat Menjadi Pelaku Aktif Pelayanan.” Accessed November 17, 2022. https://gbkp.or.id/new/?page=berita_full&id=48&tabel=tb_berita〈=bahasa&key=id_berita.

Meliala, S. Jonathan & Berthalyna Br. Tarigan. Presbiterial Sinodal: Kajian Historis Tentang Sistem Pemerintahan Gereja Presbiterial Sinodal Dan Pelaksanaannya Di GBKP (1941-2015) Serta Revitalisasinya Bagi GBKP Masa Kini. Jakarta Pusat: Praninta Aksara, 2016.

Simon, John Christianto. “Ecclesia in Transitu, Di Antara Alfa Dan Omega: GPI Dan Notae Ecclesiae Yang Baru.” Gema Teologika: Jurnal Fakultas Theologia UKDW 8 (2023). https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gemateologika/article/view/996/418.

Haryono, Stefanus Christian. “Peziarahan Kontemplatif Dan Pengembangan Spiritualitas Pendeta.” In Bersama Sang Hidup: Syukur Peziarahan 30 Tahun Pelayanan. Jakarta: BPK Gunung Mulia & Yayasan OASE INTIM, 2022.

Jacobs, T. S.Y. Siapa Yesus Kristus Menurut Perjanjian Baru. Yogyakarta: Kanisius, 1982.

Thompson, T. K.. Stewardship In Contemporary Life. New York: Association Press, 1965.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v8i1.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ranti Ranti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.