Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik

Beriaman Ndruru, Mozes Lawalata

Abstract


Pada masa teknologi yang terus menjadi maju, kedudukan guru pembelajaran agama kristen dalam meningkatkan kepribadian rohani peserta didik jadi terus menjadi signifikan. Artikel  ini bertujuan buat mengeksplorasi serta menganalisis kedudukan pembelajaran agama kristen dalam mengalami tantangan yang dialami peserta didik dalam membangun kepribadian rohani di era teknologi. Riset ini memakai pendekatan kualitatif dengan tata cara analisis literatur dari bermacam sumber semacam novel, harian, serta postingan terpaut topik yang dibahas. Informasi yang terkumpul dianalisis secara kritis dengan memakai metode analisis isi. Hasil analisis menampilkan kalau kedudukan guru pembelajaran agama kristen sangat berarti dalam membentuk kepribadian rohani partisipan didik pada masa teknologi. Guru pembelajaran agama kristen bisa membantuh peserta didik menguatkan nilai-nilai keagamaan serta meningkatkan keahlian spiritual yang dibutuhkan buat mengalami tantangan dalam masa teknologi. Dalam artikel ini disajikan sebagian strategi yang bisa digunakan oleh guru pembelajaran agama kristen dalam meningkatkan kepribadian rohani perta didik pada masa teknologi. Riset ini diharapkan bisa membagikan donasi pada pengembangan pembelajaran agama kristen serta membagikan uraian yang lebih baik tentang kedudukan guru pembelajaran agama kristen dalam mengalami tantangan pada masa teknologi.

Keywords


signifikansi; guru PAK; era teknologi; karakter rohani siswa

Full Text:

PDF

References


Boiliu, Fredik Melkias, and Yunardi Kristian Zega. “Orangtua Dan Guru Sebagai Pengembang Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Shanan 6, no. 1 (2022): 71–88. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3702.

Edison, and Talizaro Tafonao. “Strategi Guru Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda Di Era Industri 4.0.” Jurnal Shanan 5, no. 2 (2021): 111–22. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i2.3053.

Guru, Abstrak, and Kata Kunci. “No Title” 5 (2019): 64–68.

Hadisi, La, and Wa Muna. “Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning).” Jurnal Al-Ta’dib 8, no. 1 (2015): 117–40.

Helena, Elsudarma Santi, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2023): 1124–32. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1591.

Imeldawati, Tiur. “Guru PAK Sebagai Desainer Pendidikan.” Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2020): 32–49.

Imeldawati, Tiur, Nurmiati Marbun, and Eka Nurlela Nainggolan. “Strategi Pembelajaran PAK Anak Di Era Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak Dalam Jemaat RPCC Cambridge Medan.” Kerugma: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 63–90.

Imeldawati, Tiur, Binur Panjaitan, and Warseto Freddy Sihombing. “Pendidikan Agama Kristen Di Masa Lalu-Masa Kini Dan Pada Persfektif Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 13605–14.

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Guru Kelas.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021).

Jatmiko, Bakhoh. “Studi Onomastika Biblikal Dalam Sejarah Linguistik Penulisan Teks Perjanjian Baru.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 9, no. 1 (2020): 45–68. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.57.

Kandiri, Kandiri, and Arfandi Arfandi. “Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 6, no. 1 (2021): 1–8. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258.

Kolibu, Dirk R., and Stenly R. Paparang. “Revolusi Pendidikan Kristen Di Era Industri 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 13, no. 2 (2020): 108–19. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1720.

Latif, Abdul. “Tantangan Guru Dan Masalah Sosial Di Era Digital.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4, no. 3 (2020). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1294.

Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–61. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60.

Mbeo, Ella Tesalonika, and Andreas Bayu Krisdiantoro. “Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 17–29. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.46.

Muri Yusuf. Metode Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan,. Jakarta, 2017.

Nakamnanu, Sriyanti Es. “Shamayim : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2020): 14–28.

Saputra, Tjendanawangi. “Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 6, no. 1 (2022): 55–72. https://doi.org/10.37368/ja.v6i1.349.

Sihombing, Warseto Freddy, and Antonius Seri. “Membangun Teologi Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Lokal.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 126–35. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/download/70/86.

Simatupang, Hasudungan, Ronny Simatupang, and Tianggur Medi Napitupulu. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2020.

Suryadi, Sudi. “Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan.” Jurnal Informatika 3, no. 3 (2019): 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219.

Sutarman, Adang, I Gusti Putu Wardipa, and Mahri Mahri. “Penguatan Peran Guru Di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, no. 02 (2019): 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097.

Tafonao, Talizaro, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, and Agiana Her Visnhu Ditakristi. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4847–59. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2645.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v7i1.2273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Beriaman Ndruru, Mozes Lawalata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.