Melihat Ke Depan: Tantangan Kontemporer Dalam Merangkai Pemahaman Orang Kristen Tentang Akhir Zaman

Septinus Hia, Hasahatan Hutahaean

Abstract


Dalam sejarah gereja, rahasia akhir zaman yang dibahas dalam Alkitab telah menimbulkan banyak gejolak dan kontroversi dibandingkan ajaran lainnya, berbagai tafsiran muncul di setiap zaman sebagai respons terhadap fenomena tersebut. Meskipun pemahaman Kristen tentang akhir zaman telah ada selama ribuan tahun, tantangan kontemporer hadir dalam memahami topik ini. Salah satu tantangan kontemporer dalam merangkai pemahaman Kristen tentang akhir zaman adalah berkaitan dengan perubahan sosial dan teknologi yang sangat cepat. Pendekatan kualitatif merupakan Langkah yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan menggunakan buku atau jurnal yang sesuai dengan topik ini. Hasil analisis tersebut kemudian diuraikan secara deskriptif dan sistematis sesuai dengan konsep penulis. Di mana penulis akan menguraikan tantangan kontemporer seperti perkembangan teknologi, kemajuan ilmu pengetahuan, perubahan sosial dan lingkungan, dan pengaruh budaya dan politik dan di akhir pembahasan penulis menguraikan tentang pentingnya terhubung dengan Kitab Suci dan Kristus sebagai landasan bagi orang Kristen dalam memahami akhir zaman di era kontemporer ini. Hasil dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman bagi orang Kristen bahwa dalam  menghadapi tantangan kontemporer dalam merangkai pemahaman tentang akhir zaman, perlu adanya pendekatan yang holistik dan multidisiplin. Teknologi, ilmu pengetahuan, dan perubahan sosial dan lingkungan, serta budaya dan politik harus diintegrasikan untuk memperdalam pemahaman tentang akhir zaman. Namun, penting bagi orang Kristen untuk tetap terhubung dengan Kitab Suci sebagai Firman Allah yang telah diilhamkan-Nya.

Keywords


tantangan kontemporer; orang kristen; akhir zaman

Full Text:

PDF

References


Achruh, Andi. “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Landasan Sosial Budaya.” JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan 7, no. 1 (2018): 23–32.

Anjaya, Carolina Etnasari, and Yonatan Alex Arifianto. “Awarenesss Triangle: Konsep Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Generasi Tekno Di Era Virtual.” Jurnal Teologi Gracia Deo 4, no. 1 (2022): 140–153.

Bilo, Dyulius Thomas, and Hasahatan Hutahaean. “Implementasi Pemahaman Teologi Pernikahan Umat Hindu Dan.” Jayapangus Press: Jurnal Penelitian Agama Hindu 7, no. 2 (2023): 121–134.

Bimo Setyo Utomo. “Menggagas Penerapan Pengajaran Tentang Akhir Zaman Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah Pertama.” Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2016).

Ernita Dewi. “Transformasi Sosial Dan Nilai Agama.” Jurnal Imlu-Ilmu Usuluddin dan Filsafat, no. 128 (2012): 112–121.

Fati Aro Zaga. “Alkitab Dan Eskatologi Dalam Fakta, Signifikansi Dan Wawasan.” Didasko: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021).

G.K Beale. “An Amillennial Response To A Premillennial View Of Isaiah 65:20.” Journal Of The Evangelical Theological Society 61, no. 3 (2018): 461–492.

Hendra Yohanes. “Langit Dan Bumi Yang Baru Eskatologi Berdasarkan Teologi Biblika Tentang Tempat Kediaman Allah.” Gema Teologika 5, no. 2 (2020).

Hutahaean, Hasahatan. “Tantangan Teologi Agama-Agama: Suatu Diskursus Model.” Kurios 6, no. 2 (2020): 255–270.

Jurgen Moltmann. The Coming of God Christian Eschatology. London: SCM Press Ltd, 1996.

James A. Lola. “Iman Kristen Dan Budaya Popular.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2019): 101–121.

Mau, Marthen, Sulianus Susanto, Aprinia Windasari, Risky Permana, and Septinus Hia. “Mentoring Pemimpin Rohani Sebagai Tugas Dosen Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Ngabang” 4, no. 1 (2023): 1–21.

Pandaiya, Delvia, Marthinus Ngabalin, and Lindra Yolanda Camerling. “Pengaruh Budaya ‘Satu Tungku Tiga Batu’ Terhadap Sikap Toleransi Beragama Pada Masyarkat Werba Fakfak Papua.” Jurnal Misioner 1, no. 1 (2021): 18–40. www.jurnal.sttkibaid.ac.id/.

Pasang, H. “Mengasihi Lingkungan.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 2, no. 1 (2012): 271–295.

Ramelia Dalensang, and Melky Molle. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021).

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu. “Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 93–107.

Robert W. Wall. “Politics in Eschatology: The Internationalization of the Holiness Movement and the Reign of God.” Wesleyan Theological Journal 45, no. 2 (2010): 9–28.

Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Di Era Posthuman.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 4, no. 1 (2022).

Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Di Era Posthuman.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 4, no. 1 (2022): 44–61.

Sopacoly, Mick Mordekhai, and Izak Y.M. Lattu. “Kekristenan Dan Spiritualitas Online: Cybertheology Sebagai Sumbangsih Berteologi Di Indonesia.” GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian 5, no. 2 (2020): 137.

Tafonao, Talizaro, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, and Agiana Her Visnhu Ditakristi. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4847–4859.

Tanuwidjaja, Sundoro, and Samuel Udau. “Iman Kristen Dan Kebudayaan.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (2020): 1–14.

Wicaksono, Arif. “Pandangan Kekristenan Tentang Higher Criticism.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 1 (2018): 115–131.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v6i2.2255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Septinus Hia, Hasahatan Hutahaean

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.