Makna Tidak Ada Perbedaan Antara Laki-Laki dan Perempuan Berdasarkan Galatia 3:28 dan Implikasinya Bagi Kesetaraan Gender

Melvi Noermala Hia, Riste Tioma Silaen

Abstract


Masalah gender, bukanlah hal yang baru ditemukan. Perdebatan mengenai masalah ini sudah berlangsung dari waktu ke waktu dan selalu mewarnai kehidupan manusia. Masalah ini lebih spesifik memperdebatkan tentang kepribadian laki-laki dan perempuan serta perannya masing-masing dalam keseharian. Baik dalam keluarga, maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan perspektif bagi keluarga dan gereja agar tidak melakukan diskriminiasi karena perbedaan gender berdasarkan kata “tidak ada” dalam Galatia 3:28. Metode penelitian yang digunakan adalah paradigma kualitatif dengan pendkatan eksegesis dan kepustkaan seperti buku dan artikel yang berkaitan. Untuk menjawab perdebatan yang ada, maka Alkitablah yang akan menjadi jawabannya.  Sebab, baik dalam Perjanjian Lama, maupun dalam Perjanjian baru, akan menyatakn kebenaran bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan, atau disebut semua setara dihadapan Tuhan. Tentu dalam hal ini, sebagai orang percaya, wajib mengakui legitimasi Alkitab sebagai otoritas kebanaran tertinggi tanpa terpengaruh serta terhalangi oleh kehidupan sosial dan budaya yang ada.

Full Text:

PDF

References


Cousar, Charles B. Reading Galatians, Philippians, and 1 Thessalonians A Literary and Theological Commentary. Macon, Georgia: Smyth & Helwys Publishing, 2001.

Desi, Kurnia. “Teologi Feminis Sebagai Teologi Pembebasan.” Loko Kada 1 (2021).

Donald Guthrie. Teologi Perjanjian Baru 1. BPK Gunung. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Firmansah, Endik. “IMPLEMENTASI GALATIA 3:28-29 TERHADAP TEOLOGI HITAM JAMES H. CONE DALAM MENGHAPUS ISU RASIAL.” Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 2, no. 2 (2022): 65–77.

Kalintabu, Helianti. “Implikasi Kajian Gender Feminitas Dalam Pelayanan Gerejawi.” Ginosko 2 (2021).

Keener, Craig s. Galatians a Commentary. grand rapids: baker academik, 2019.

Manalu, Rotua Marlina. “Kepemimpinan Wanita Dalam Gereja.” Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual 2 (2020).

Mandacan, Yehuda. “Logon Zoes Kesetaraan Pria Dan Wanita (Gender) Menurut Alkitab.” Logon Zoes 2 (2018).

Marxen, Willi. Pengantar Perjanjian Baru. Jakarta: BPK gunung mulia, 2018.

Mau, Marthen. “Kajian Manfaat Alkitab Menurut 2 Timotius 3:16 Dan Implikasinya Bagi Orang Percaya Masa Kini.” Manna Rafflesia 7, no. 2 (2021): 240.

Oankley, Aan. “Sex, Gender and Society.” Sagepub 2 (2021).

Pranoto, Minggus M. “Selayang Pandang Tentang Teologi Feminis Dan Metode Berteologinya.” Jurnal Abdiel 2, no. 1 (2018): 1.

Siahaya, Nunuk Rinukti. “Peranan Perempuan Menurut Perjanjian Baru Bagi Perkembangan Kepemimpinan Perempuan Di Dalam Gereja.” Jurnal teruna bhakti 1, no. 1 (2018): 33–41.

Sian, Li. “Sebuah Tinjauan Terhadap Teologi Feminis Kristen.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 4, no. 2 (2003): 3.

Sihombing, Warseto Freddy. “Sejarah Penafsiran Ajaran Paulus Mengenai Pembenaran Oleh Iman.” Jurnal Teologi Cultivation Vol. 4, no. 1 (2020): 135–157. https://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/cultivation/article/view/222.

Tenney, Merryl C. Survey Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2003.

Wilson-kastner, Patricia. “Contemporary Feminism and Christian Doctrine of the Human.” Journal of Word & World 2, no. 3 (1982): 234–242.

Yandian, Bob. Galatians a New Testament Commentary. wheaton: harrison house publishers, 2016.

Zega, Yunardi Kristian. “Perspektif Alkitab Tentang Kesetaraan Gender Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Didache: journal of christian education 2, no. 2 (2021): 161.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v6i2.2254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Melvi Noermala Hia, Riste Tioma Silaen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.