Kreativitas Kepemimpinan Pendeta Perempuan di GKPI Wilayah VI Silindung: Suatu Kajian Feminisme Kultural

Nursalina Sihombing, Meditatio Situmorang, Tiffany Tamba, Seri Antonius, Ibelala Gea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas kepemimpinan pendeta di GKPI Wilayah VI Silindung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam, dokumentasi untuk memperoleh informasi dan data melalui informan utama yaitu pendeta perempuan di GKPI Wilayah VI Silindung dan informan lainnya yaitu pendeta laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di GKPI Wilayah VI Silindung, pendeta perempuan diterima dengan baik sebagai pemimpin, menandakan adanya kesetaraan gender dalam kepemimpinan dan penolakan terhadap seksisme di gereja. Hal ini juga menggambarkan proses emansipasi perempuan dalam kepemimpinan gerejawi. Kreativitas dalam kepemimpinan pendeta perempuan di GKPI Wilayah VI Silindung menjadi titik sorot yang mengubah citra gereja secara positif. Pendeta perempuan memperlihatkan inovasi dalam pelayanan gerejawi, seperti merancang lukisan-lukisan yang menarik dan unik, mengembangkan kerajinan tangan jemaat seperti tenunan dengan melibatkan tokoh-tokoh lokal, serta mengadakan seminar-seminar yang berhubungan dengan profesi jemaat seperti pelatihan pembuatan pestisida organik dan kompos dari sampah. Selain itu, mereka juga menggelar lokakarya yang bertujuan untuk memberdayakan jemaat dalam aspek kehidupan rohani dan sosial.


Keywords


kepemimpinan; pendeta perempuan; feminisme kultural

Full Text:

PDF

References


Amin, Saidul. “Feminisme Dan Islam.” Kafa`ah: Journal of Gender Studies 3, no. 2 (2013): 123.

Burta, Florina Simona. “Kepemimpinan Perempuan Dalam Gereja Menurut Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Yogyakarta,” 2018.

Eddie, Gibbs. Kepemimpinan Gereja Masa Mendatang. Edited by Raka Sukma Kurnia. Ke-1. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Fitria, Norma. “Perspektif Islam Tentang Kepemimpinan Perempuan Pada Lembaga Pendidikan.” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 1774–1787.

Irawati, Enny. “Keteladanan Kepemimpinan Yesus Serta Implikasi Terhadap Kepemimpinan Gereja Pada Masa Kini.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 10, no. 1 (2021): 169.

Jan Aritonang. Catatan Kritis Atas Buku “Yubileum 50 Tahun, 1964-2015 GKPI” (Bagian I). Pematangsiantar, n.d.

Johanes B Simatupang. “Perempuan Dalam Budaya Adat Batak Toba.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2021).

Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Nila Sastrawati. Laki-Laki Dan Perempuan Identitas Yang Berbeda. Cetakan ke. Makasar: Alauddin Press, 2018.

Romeantenan, Nova Linda. “Kepemimpinan Pendeta Perempuan Di Lingkup Sinodal Gereja Protestan Di Indonesia Bagian Barat (GPIB).” Pendidikan Agama Kristen 2 (2018): 131–158.

Sylvia, I Luh Aqnez. Servant Leadership ( Kepemimpinan Yang Menghamba). Edited by Jenri Ambarita. Pertama. Jawa Barat: ADAB, 2021.

Yakub B. Susabda. Pastoral Konseling. Cetakan ke. Malang: Gandum Mas, 1996.

Zega, Yunardi Kristian. “Perspektif Alkitab Tentang Kesetaraan Gender Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.” Christian Education 2, no. 2 (2021): 160–174.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v22i1.2342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id