Implementasi Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Swasta Bahalbatu Tahun Ajaran 2021/2022

Grace Lamudur Arta Sihombing

Abstract


Abstract:

The aims of this research are :(1) to find out how to implement the application google classroom on online learning mathematics during the Pandemic, and (2) To find out student learning outcomes in implementing the google classroom in online learning mathematics during the Covid-19 pandemic. This research was conducted by SMP Swasta Bahalbatu, the subjects in this study were the headmaster, mathematics teacher, students of class VIII A totaling 32 people. The method used in this research is to use a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used are observation, interviews, documentation and tests in the form of essays. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study revealed that: (1) the implementation of the google classroom application in online learning on mathematics subjects during the Covid-19 pandemic, which showed that from all aspects of student learning activities an average score of 1.12 was obtained with the criteria not being implemented and aspects of teacher teaching creativity. obtained an average value of 3.60 with very implemented criteria. (2) the mathematics learning outcomes of students class VIII A implementing the google classroom application in online learning mathematics during the Covid-19 Pandemic at SMP Swasta Bahalbatu from 32 students there were 18 students who completed with an average score of 57.03 and a percentage of completeness 56.25% and included in the poor category.

Keywords: google classroom, online learning

Abstrak:

Penelitian bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi aplikasi google classroom pada pembelajaran online pada masa Pandemi covid 19, dan (2) Untuk mengetahui Hasil Belajar siswa dalam mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran online mata pelajaran matematika pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Bahalbatu, subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru matematika, siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes berupa Essay. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) implementasi aplikasi google classroom dalam pembelajaran online pada mata pelajaran matematika masa Pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa dari keseluruhan aspek aktivitas belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 1,12 dengan  kriteria kurang terlaksana dan aspek kreativitas mengajar guru diperoleh nilai rata-rata 3,60  dengan  kriteria sangat terlaksana. (2) hasil belajar siswa kelas VIII A pada mengimplementasikan aplikasi google classroom pada pembelajaran online matematika masa Pandemi Covid-19 di SMP Swasta Bahalbatu dari 32 siswa terdapat 18 siswa yang tuntas dengan skor rata-ratanya 57,03 dan persentase ketuntasan  56,25% dan termasuk  dalam kategori kurang baik.

Kata Kunci: aplikasi google classroom, pembelajaran online


Keywords


Aplikasi Google Classroom, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.

Dian., U. K. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 41-48.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-Statement, 1.

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works an How? Journal of Education and Social Sciences, 1.

Ivanova, T. G. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 154- 159.

Juliant, Aditya , & Noviarti, K. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Riset Penelitian, 113.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 99-110.

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustamin, S. H. (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika. Makassar: Alauddin University Press.

Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muslim Maros, 1.

Patilima, H. (2007). Metode Penelitian Kualitati Cetakan II. Bandung: Alfabeta.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendeatan Ilmiah. Makassar: CV. SARNU UNTUNG.

Rachmawati, Yeni , & Kurniawati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (211). Model-model pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan keempat. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Talajan, G. (2012). Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Winataputra, U. (2007). Teori Belajar dan Pembelajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Zulaiha, R. (2007). Analisis Butir Soal Manual. Jakarta: usat Penelitian Pendidikan Balitbang Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i1.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com