Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Oleh Guru PAK dan Budi Pekerti Terhadap Keaktifan Belajar Siswa

Sabar Rudi Sitompul, Christina Bona Rosa Hutasoit, Seri Antonius

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Resitasi oleh Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terhadap keaktifan belajar Siswa Kelas V SD Negeri 173430 Saitnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Penelitian merupakan penelitian korelasional yang menggunakan teknik Statistik Deskriptif dan Inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Instrumen penelitian berupa angket tertutup. Hasil analisis nilai rxy=0,406>rtabel=0,325 dan thitung=2,872>ttabel=1,690 menunjukkan bahwa adanya hubungan antara Metode Resitasi terhadap keaktifan belajar Siswa dan memperoleh keberartian persamaan regresi sederhana yaitu . Uji hipotesis diperoleh Fhitung=15,23>Ftabel=3,27 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Resitasi oleh Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti terhadap keaktifan belajar Siswa Kelas V SD Negeri 173430 Saitnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2021/2022  sebesar 16,48%.


Keywords


Kata Kunci: Metode Resitasi Oleh Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Keaktifan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ardi, Setyanto N. 2017. Interaksi Dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. ed. N. Awani. Yogyakarta: DIVA Press.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

———. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

GP, Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Halawa, Erwinda et al. 2021. “Penerapan Metode Resitasi Untuk Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Sejarah Kelas X-IPS.” 1(1): 54–78.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. 1 cet. 13. Jakarta.

Homrighausen, E.G & I.H Enklaar. 2012. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia.

Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Desember 2. ed. Muhammad Yakub. Medan: CV. Iscom Medan.

Istarani & Intan Pulungan. 2016. Ensiklopedi Pendidikan. Januari 20. ed. Anwar & Muhammad Ridwan Sembiring. Medan.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

K., Roestiyah N. 1994. Didaktif Metodik. Rv. Jakarta: Bumi Aksara.

———. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

K. Roestiyah N. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudlofir, Ali. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Nainggolan, John M. 2011. Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Bina Media Informasi.

Priansa, Donni Juni. 2019. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sidjabat, B.S. 2000. Menjadi Guru Profesional Sebuah Perspektif Kristiani. Bandung: Kalam Hidup.

Simamora, Dame Taruli & Gultom Rida. 2011. Pendidikan Agama Kristen Kepada Remaja Dan Pemuda. ed. TIM editor Mitra. Medan: CV. Mitra.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. keenam. Bandung: TARSITO BANDUNG.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Rv. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. cet. 6. ed. Dewi Ispurwanti. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama.

“Www.Zainalhakim.Web.Id.” 2015. : 1–7.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i1.779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com