Analisis Proses Pembelajaran Pemberian Tugas Masa Pandemi Covid -19 Dengan Hasil Belajar Sekolah Dasar

Lomak Pardede

Abstract


Abstract:

This study aims to analyze the Assignment learning process, supporting factors and inhibiting factors for teachers in carrying out task assignment learning during the COVID-19 pandemic. This research was conducted at SD NEGERI 173168 Onan Runggu Kec. Sipahutar from April to July. This research uses descriptive qualitative research method. The subjects used in this study were teachers at SD NEGERI 173168 Onan Runggu Kec. Sipahutar. Data collection techniques used in this study were open questionnaires, semi-structured interviews, documentation and field notes. The result of this research is that the COVID-19 pandemic has had a very large impact on the learning process, learning that is usually done directly is now being shifted to learning to give assignments. Students feel bored and bored when carrying out learning. Learning to give assignments to elementary school age children is considered less effective. There are several factors that support teachers in the learning process of giving assignments, namely the availability of mobile phones, quotas and a stable internet network. In addition to factors that support learning to give assignments, there are also several factors that hinder teachers in learning to give assignments. The inhibiting factors include not all students have cellphones and there are still many parents who are busy working

 Keywords: giving learning assignments, supporting factors, inhibiting factors

 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran Penugasan, faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran pemberian tugas selama pandemi COVID-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD NEGERI 173168 Onan Runggu Kec. Sipahutar dari bulan April sampai Juli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru di SD NEGERI 173168 Onan Runggu Kec. Sipahutar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket terbuka, wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi COVID-19 berdampak sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilakukan secara langsung kini digeser menjadi pembelajaran memberikan tugas. Siswa merasa bosan dan bosan saat melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran memberi tugas pada anak usia sekolah dasar dinilai kurang efektif. Ada beberapa faktor yang mendukung guru dalam proses pembelajaran pemberian tugas yaitu ketersediaan handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain faktor yang mendukung pembelajaran pemberian tugas, juga terdapat beberapa faktor yang menghambat guru dalam pembelajaran memberikan tugas. Faktor penghambatnya antara lain tidak semua siswa memiliki handphone dan masih banyak orang tua yang sibuk bekerja.

 Kata kunci: pemberian tugas belajar, faktor pendukung, faktor penghambat


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Fore, Henrietta Fore, 2020, Laporan baru UNICEF mengungkap setidaknya sepertiga anak sekolah di seluruh dunia tidak dapat mengakses pembelajaran jarak jauh selama sekolah ditutup, https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19, diupdate 20 Agustus 2021.

Hadisubroto, dkk. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka

Hamadi, Marlius. 2005. Strategi Mengajar. Riau. Sutra Berita Perkasa

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Pasaribu, Andar Gunawan, 2018, Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas Viii SMP Negeri 4 Tarutung Tahun 2018. Jurnal Christian Humaniora Volume 2 Nomor 1.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajawali Pers.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i2.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id