Pendidikan Jemaat Misional Menurut Matius 28:16-20: Rekonstruksi Teologi Misi Sebagai Bagian Pedagogis dalam Kehidupan Berjemaat

Grets Janialdi Apner

Abstract


Era pandemi Covid-19 di tahun 2020 telah menuntut masyarakat global untuk melakukan adaptasi secara cepat dan menyeluruh di segala aspek kehidupan, termasuk beragama. Gereja, secara khusus di Indonesia, juga perlu memikirkan ulang model kehidupan bergereja dan kelangsungan eksistensinya sejak pandemi. Diperlukan konsep dan metode yang mampu menolong gereja untuk tetap hidup dan berdampak, secara khusus mewujudkan karakter misionalnya sebagai rekan kerja Allah dalam missio Dei. Tulisan ini pun menawarkan sebuah rekonstruksi teologi misi-pedagogis untuk membangun jemaat misional. Rekonstruksi teologi misi-pedagogis merupakan sebuah pendekatan misional melalui praktik pendidikan Kristiani di gereja yang dapat dikembangkan untuk menciptakan kehidupan berjemaat yang menghasilkan jemaat misional. Jemaat misional pun menjadi sebuah model bermisi yang dapat gereja kembangkan yang relevan dengan situasi dan kondisi akibat pandemi Covid-19.

Keywords


Covid-19; Misiologi; Pendidikan Kristiani.

Full Text:

PDF

References


Adiprasetya, Joas. “Dari Tangga ke Taman: Multiplisitas Pertumbuhan Iman dan Implikasinya bagi Karya Pedagogis, Pastoral, dan Liturgis Gereja.” Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 127-142.

Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan dalam Pendidikan Agama. Jakarta: Gunung Mulia, 2012.

Apner, Grets Janialdi. “Kehadiran Gereja dalam Kemajemukan Indonesia dalam Terang Yesaya 49:6 dan Matius 28:19” Jurnal Teologi 7, no. 2 (2018): 185-196.

Carter, Warren. Matthew and The Margins: A Sociopolitical and Religious Reading. Maryknoll: Orbis Books, 2000.

Case-Winters, Anna. Matthew. Louisville: John Knox, 2015.

Chung, Paul S. Public Theology in an Age of World Christianity. New York: Palgrave Macmillan, 2010.

Davies, Mervyn dan Graham Dodds. Leadership in the Church for the People of Hope. London: T&T Clark, 2011.

France, R. T. The New International Commentary on the New Testament: The Gospel of Matthew. GrandRapids: Wm. B. Eerdmands, 2007.

Hanger, Donald A. Word Biblical Commentary: Matthew 14-28. Waco: Word, 1995.

Hunter, James Davison. To Change the World: The Irony, Tragdey, & Possibility of Christianity in the Late Modern World. New York: Oxford University, 2010.

James, Christopher B. “Education that is Missional: Toward a Pedagogy for the Missional Church” Ceramah, Konferensi Association of Professors of Mission, Wheaton, 20-21 Juni 2013.

Luetz, Johannes M., Tony Dowden, dan Beverly Norsworthy. Reimagining Christian Education: Cultivating Transformative Approaces. Singapore: Springer, 2013.

McNeal, Reggie. Missional Communities: The Rise of the post-Congregational Church. San Francisco: Jossey-Bass, 2011.

Schafer, Ruth. “Mengapa “Menjadikan Semua Bangsa Murid” (Mat. 28:19)?” Forum Biblika no. 26 (2012): 51-60.

Stone, Bryan. Evangelism after Christendom: The Theology and Practice of Christian Witness. GrandRapids: Brazos, 2007.

Tye, Karen B. basics of Christian Education. Danvers: Chalice, 2000.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i2.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com