Pengaruh Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar PAK (study kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarutung Tahun Ajaran 2019/2020)

Frainskoy Rio Naibaho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual dalam pembelajaran, terhadap motivasi belajar PAK pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 245 orang. Sampel penelitian sebanyak 48 orang. Angket  diujicobakan kepada 30 siswa di luar sampel penelitian. Uji pengaruh: a) Persamaan regresi: =41,79+0,27X menunjukkan bahwa setiap penambahan variabel X (penggunaan media visual) sebesar satu satuan unit maka terjadi penambahan variabel Y (motivasi belajar PAK siswa) sebesar 0,27 dari nilai variabel X. b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 0,0778 dan persentase pengaruh yang positif antara penggunaan media visual terhadap motivasi belajar PAK siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara tahun ajaran 2019/2020 7,78%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media visual dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar PAK, siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarutung tahun ajaran 2019/2020.

Keywords


media visual; motivasi belajar; pengaruh penggunaan media visual; media visual terhadap motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munir, M. (2013). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Pengolah Angka (Spreadsheet) Berbasis Video Screencast. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(4), 307-313. doi:https://doi.org/10.21831/jptk.v21i4.9457

Pujiriyanto. (2012). Teknologi Pegembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Rusman. (2011). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, B., & Kurniasih, I. (2017). Konsep dan Proses Pembelajaran, Implementasi. Jakarta: CV. Solusi Distribusi.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sidjabat, B. S. (2009). Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilo, A. (2016). Pembelajaran, Media & TIK. Yogyakarta: K-Media.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id