Analisis Penerapanan Nilai-Nilai Keteladanan Yesus dalam Yoh 13:12-17 oleh Guru PAK Kelas VII di SMP Negeri 3 Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Abstract:
This study aims to determine the application of th exemplary values of jesus in John 13:12-17 by class VII PAK teachers at SMP Negeri 3 Sipahutar North Tapanuli regency in the 2019/2020 academic year. This research uses descriptive quantitative method. The popolation in this study were 40 people. The trial was conducted on 30 grade VII student at SMP Negeri 3 Sipahutar. The result of the data analysis show the value = 120 scores of the application of the exemplary values of the Jesus in john 13:12-17 = 3920 and the ideal score = 4800, then the value of the application of the exemplary values of Jesus in John 13:12-17 = 81.666%, with tcount 5.555 consulted with ttabel (N-1) = 1.684 then tcount = 5.555 ttable = 1.684. 75%, because tcount > ttabel Ho is rejected and Ha is accepted. This it can be concluded that the application the exemplary values of Jesus in John 13:12-17 by Class VII PAK teacher at SMP Negeri 3 Sipahutar North Tapanuli Regency 2019/2020 academic year 75% of expected.
Keywords: the exemplary value of jesus, christian education
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan mengetahui Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Yesus dalam Yohanes 13:12-17 oleh Guru PAK Kelas VII di SMP Negeri 3 Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dengan Hipotesa penelitian Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Yesus dalam Yohanes 13:12-17 oleh Guru PAK Kelas VII di SMP Negeri 3 Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020 telah mencapai 75% dari yang diharapkan. Populasi dalam penelitian ini Sebanyak 40 orang. Uji coba dilakukan kepada 30 orang siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sipahutar. Hasil analisis data menunjukkan nilai = 120 skor Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Yesus dalam Yohanes 13:12-17 = 3920 serta skor ideal = 4800, maka nilai Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Yesus dalam Yohanes 13:12-17= 81,66%, dengan thitung 5,555 dikonsultasikan dengan ttabel (N-1) = 1,684 maka thitung = 5,555 > ttabel =1,684. 75%, karena thitung> ttabell maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Yesus dalam Yohanes 13:12-17 oleh guru PAK Kelas VII di SMP Negeri 3 Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020 75% dari yang diharapkan.
Kata kunci: nilai keteladanan Yesus, pendidikan agama kristen
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Belandina. 2009. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi. Jakarta: Bina Media Informasi.
Boehlke, Roeberth. 2011. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai Ig. Layola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Nainggolan, Jhon. 2007. Menjadi Guru Agama Kristen. Jakarta: Generasi Info Media.
Nainggolan. 2008. Strategi Pendidikan Kristen. Jakarta. Genrasi Info Media.
Nainggolan. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Jakarta: Generasi Info Media.
Price J. M. 2011. Yesus Guru Agung. Bandung: Yayasan Baptis Indonesia.
Ramses. 2016. Dampak Keteladanan Yesus Sebagai Guru Agung Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Jurnal Teologi.
Sese, Andreas. 2020. Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pnegajar Bagi Pendidikan Kristen yang Efektif di Masa Kini. Jurnal Pendidikan Agama Kristen.
Sidjabat. 2008. Membesarkan Anak Dengan Kreatif. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Tarsito.
Tu’u, Tulus. 2010. Pemimpin Kristen Yang Berhasil. Bandung: Bina Media Informasi.
DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i2.366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com