PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 173167 KECAMATAN SIPAHUTAR KABUPATEN TAPANULI UTARA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS (Badan Pusat Statistik). 2019. Presentase rumah tangga yang memiliki telepon selular aktif 2012- 2016. https://bps.go.id. diakses pada 16 Mei 2020
Caley, P., Philp, D. J., & Mccracken, K. (2008). Quantifying Social Distancing Arising from Pandemic Influenza. Journal of The Royal Society Interface, Vol. 5, 631-639.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61
Din. CNNIndonesia. (n.d.-a). 4 Aplikasi Video Conference Yang Irit Dan Boros Data. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasivideoconference-yang-irit-dan-boros-data. diakses pada Mei 2020D., et al. (2006). Nonpharmaceutical Interventions for Pandemic Influenza, National and Community Measures. Emerging Infectious Diseases Journal. Vol. 12 No. 1.
Fey. CNNIndonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah Dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65- kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas. diakses pada Juni 2020. Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02. Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. Vol. 19 Pages 18-26.
H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The Epidemiology and Pathogenesis of Coronavirus Disease (Covid-19) Outbreak. Journal of Autoimmunity, Volume 109 No. 1-4.
Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. Vol 5, 31-47.
J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., … Kim, D. J. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE. Vol. 8 No.2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Pendidikan. Volume 1 No.1. Kompas.com. 2020. Bersiap tameng ekonomi untuk dampak wabah corona. https://jeo.kompas.com/bersiap-tameng-ekonomi-untuk-dampak-wabah-corona. diakses pada 13 Mei 2020. Kompasiana. 2020. Pembelajaran daring efektif? .https://www.kompasiana.com/arditasyalwa/5e7ba8d6097f36116506b8a2/ pembelajaran-daringefektif. diakses pada 14 Mei 2020. Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Volume 20, pages 35-50. Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1. Kwon, M., Lee, Lestari, Selvy Windy. 2020. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 3.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., . . . Aghad, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19) . International Journal of SurgeryBell
Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1. Rothan, Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. Volume 5– Issue 2, 71 - 75. Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 3 (2020). Wikipedia. Template:Covid19 pandemic data.https://en.wikipedia.org/wiki/Template:COVID19_pandemic_data. diakses pada 13 Oktober 2020
Wulandari. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Kewirausahaan melalui Lesson Study Berbasis Pantai dan Laut. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), Vol. 5 No. 2. Zhang, et al. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.Vol. 47 No.5
DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v4i2.346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com