Refleksi Filsafat PAK Pada Keterampilan Berpikir Sistematis Peserta Didik

Samuelson Halomoan, Elsyanti Gultom, Darma Yanty, Wilson Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi filsafat pendidikan agama Kristen dengan pembelajaran keterampilan berpikir sistematis dalam konteks pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur, yang menganalisis berbagai buku dan jurnal akademik terkait topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi filsafat pendidikan agama Kristen, yang menekankan nilai-nilai moral dan etika, dapat memperkaya pembelajaran keterampilan berpikir sistematis pada peserta didik. Melalui pendekatan ini, peserta didik tidak hanya dilatih untuk berpikir secara logis dan kritis, tetapi juga untuk mengaitkan prinsip-prinsip agama dengan pemecahan masalah nyata dalam kehidupan mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa tantangan utama dalam penerapannya terletak pada kesiapan pendidik dan keragaman latar belakang peserta didik. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih holistik, yang menggabungkan pengajaran intelektual dan moral dalam pendidikan agama Kristen.

Keywords


filsafat; PAK; berpikir sistematis; integrasi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Dewi, L. 2019. “Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi 15, no. 3: 55–67.

Halomoan, S, and A. G Pasaribu. 2024.“Desain Kurikulum Dan Pengembangan Pak Gereja Dalam Tanggung Jawab Gereja Untuk Pertumbuhan Iman Pemuda Di Gereja HKBP Lawe Beringin.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3, no. 4: 5618–33.

Hartono, A. 2021. Pendidikan Agama Kristen Dan Tantangannya Di Era Modern. Jakarta: Gramedia.

Hermawan, I. 2020. “Pengaruh Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Sistematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 12, no. 2: 85–102.

Nugroho, S. 2022. Filsafat Pendidikan Kristen: Integrasi Iman Dan Ilmu. Surabaya: Penerbit Surya.

Prasetyo, H. 2018. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 17, no. 2: 144–60.

Pratama, A. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Nilai Agama Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 13, no. 2: 50–62.

Putra, B. 2018. “Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kristiani Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Karakter 6, no. 2: 78–89.

Rachmawati, R. 2022. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 10, no. 1: 45–56.

Setiawan, B. 2020. “Implementasi Metode Pembelajaran Kritis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Studi Agama Dan Pendidikan 5, no. 1: 34–45.

Subakti, H. 2020. “Metode Pengajaran Agama Kristen Untuk Peserta Didik Dengan Latar Belakang Berbeda.” Jurnal Pendidikan Dan Sosial 4, no. 3: 90–102.

Sudarman, R. 2018. Pendidikan Agama Kristen Dan Pengembangan Karakter Moral Siswa. Jakarta: Pustaka Kristen.

Sulistyowati, I. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Cendekia.

Sutrisno, S. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Agama Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Utami, R. 2023. “Pendidikan Agama Kristen Dan Penerapan Keterampilan Berpikir Sistematis.” Jurnal Pendidikan Agama 10, no. 4: 231–45.

Yuliana, N. 2021.“Kesenjangan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Keterampilan Berpikir Sistematis Di Sekolah.” Jurnal Kajian Pendidikan2 9, no. 1: 112–24.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v8i2.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com