Pola Asuh Orang Tua dan Keteladanan Guru PAK dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti

Purnama Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Orang tua dan Keteladanan Guru PAK dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti, Metode penelitian dalam penulisan ini adalah metode pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini akan digali secara wawancara tentang Pola Asuh Orang tua dan Keteladanan Guru PAK dalam Pembentukan Karakter. Dari hasil penelitian pola asuh dalam dalam Pembentukan Karakter Siswa ialah 1) Keterlibatan orangtua  melibatkan anak mengambil keputusaan, 2) Melaksanakan doa secara berganti-gantian kepada anak dalam memimpin doa, 3) Mempertimbangkan saran anak, ketika keluarga dalam mengahadapi permasalahan. 4) Antusias memberikan kebebasan berpendapat kepada anak. 5) Menerapkan sikap adil dalam keluarga dengan tidak berpihak kepada siapapun, 6) Senantiasa jujur dengan memberikan hak-hak kepada siswa dengan adil, 7) Memberikan contoh kepada anak-anak, 8) Mengawasi pertemanan anak, tanpa membuat mereka merasa terkekang. Hasil penelitian keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen  dalam pembentukan karakter siswa ialah 1) Mendidik, mengajar, melatih, memimpin, memotivasi, membimbing, 2) Membawa siswa untuk menyerahkan hidupnya di pimpin oleh Yesus Kristus sesuai dengan firman Tuhan dalam Galatia 5:22-23, 3) Menjadi teladan bagi semua orang khususnya dalam lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat serta dalam lingkungan gereja. 4) Memberikan ilmu pengetahuan tentang agama Kristen yang berdasarkan Alkitab, berpusat pada Yesus Kristus, dan bergantung pada Roh Kudus kepada peserta didik dalam kegiatan belajar- mengajar, 5) Melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerjaan Tuhan, 6) Menghadirkan damai bagi peserta didik dalam komunitas yang majemuk demi memperkuat nilai-nilai kebangsaan Indonesia yang majemuk, 7) Membangun kasih sayang sesama, dalam perkataan dan perbuatan, 8) Menahan kesabaran atas kenakalah peserta didik, dimulai dengan strategi dengan menggunakan pendekatan hati.


Keywords


Pola Asuh Orang tua, Keteladanan Guru, Pembentukan

Full Text:

PDF

References


Andrianus Nababan. Pendidikan, Jurnal Dinamika. “Pola asuh demokratis orangtua kristen dalam pembentukan karakter remaja” 13 (2020): 127–134.

B.S Sidjabat. Mengajar Secara Profesional. YOGYAKARTA: ANDI, 2009.

Bakrun. Pelatihan dan Pedampingan Implementasi kurikulum 2013 SMK. Direktorat Pembinaan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2018, 2018.

brumelen, harro van. Berjalan dengan Tuhan di dalam kelas. Tanggerang: universitas pelita harapan press, 1998.

gultom andar. Profesionalisme standar kompetensi dan pengembangan profesi guru PAK. Jakarta: Bina Media Informasi, 2007.

gunarsa. psikologi praktis :Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.

Harianto G.P. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitabiah Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. YOGYAKARTA: ANDI, 2012.

J.M Price. Yesus Guru Agung. Bandung: lembaga literatur Babtis, 2011.

Janse Belandia. Profesional Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD,SMP,SMA,. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

masnur muslisch. pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: bumi aksara, 2011.

sufiyanta. Roh Sang Guru. Jakarta: obor, 2009.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif Dan RD. Bandung: ALFABETA, 2015.

Suyanto. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2010.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i2.2355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com