Dinamika Apologetika: Suatu Upaya Pertanggungjawaban Iman Kristen

Warseto Freddy Sihombing, Nursalina Sihombing, Sri Agustina Manalu, Irfan Manik

Abstract


Apologetika Kristen adalah suatu cabang ilmu sistematis yang mempertahankan dan menjelaskan iman dan kepercayaan Kristen. Orang yang ahli dalam bidang ilmu ini disebut sebagai apologis Kristen, tetapi sebenarnya setiap orang Kristen adalah apologet kristen. Apologetika adalah suatu ilmu terapan dalam kaitannya dengan pembelaan iman Kristen yang dalam agama Kristen, pembelaan intelektual terhadap kebenaran agama Kristen biasanya dianggap sebagai cabang teologi. Dalam kalangan Protestan, apologetika dapat dibedakan dari polemik, di mana keyakinan gereja Kristen tertentu dipertahankan. Akan tetapi, umat Katolik Roma menggunakan istilah tersebut untuk mengartikan pembelaan terhadap ajaran Katolik secara keseluruhan dan menyamakan apologetika dengan teologi fundamental. Apologetika dimengerti sebagai ilmu mengenai pembelaan iman Kristen yang berusaha untuk menjawab pernyataan sikap dari para skeptisisme yang meragukan keberadaan Allah atau menyerang kepercayaan kepada Allah yang terdapat dalam Alkitab. Dengan metode kualitatif, penulis meneliti bagaimana tindakan pembelaan iman ini dapat ditunjukkan juga kepada pemeluk agama yang lain, aliran kristen liberal yang lain, orang kristen sendiri yang ragu-ragu terhadap kebenaran Alkitab. Praktik apologetika diperlukan dalam kaitan mempertanggungjawabkan iman dan menghindari bahaya murtad.


Keywords


apologetika; mempertahankan iman; mengasihi Tuhan; meninggalkan Tuhan

Full Text:

PDF

References


Baskoro, Paulus Kunto. “Konversi Di Kalangan Orang Percaya: Analisis Biblika Kata ‘Murtad’ Menurut Ibrani 3:12.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 5, no. 1 (2021): 95–119.

Bruce, F. F. The New International Commentary on the New Testament The Book of the Acts Revised Edition. Edited by Gordon D. Fee. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company, 1988.

Charles F. Pfeiffer, Everett F. Harrison, ed. Tafsiran Alkitab Wycliffe Volume 3. Malang: Gandum Mas, 2001.

Dharmaputra, Eka. Iman Sesamaku Dan Imanku. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.

Helsby, Richard. Apologetics Study Evidences for the Christian Faith, n.d. https://dokumen.tips/documents/christian-apologetics-study-temple-christian-school.html?page=1.

Kobong, Th. Iman Dan Kebudayaan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.

Kuiper, B. K. The Church in History. Malang: Gandum Mas, 2010.

Novalina, Martina. “Spiritualitas Orang Kristen Dalam Menghadirkan Kerajaan Allah Di Tengah Tantangan Radikalisme.” Jurnal teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (2020): 26–37.

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kelima. Jakarta: Balai Pustaka, n.d. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Rey, Kevin Tonny. “Pentingnya Apologetika Dalam Pelayanan Misi.” Antusias - Jurnal Teologi dan Pelayanan 2, no. 4 (2013): 1–36.

Sihombing, Warseto Freddy, Seri Antonius, Sabar Rudi Sitompul, and Enjela Estefani Manurung. “Siapa Dan Apa Misi Yesus : Suatu Interpretasi Teologi Misi Dari Dialog Yesus Dan Nikodemus Dalam Yohanes 3:1-21.” Tepian Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen 2, no. 1 (2022): 1–15.

Sihombing, Warseto Freddy, and Antonius Seri. “Membangun Teologi Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Lokal.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 126–135. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/download/70/86.

Sihombing, Warseto Freddy, and Marlinawati Situmorang. “Studi Analisis-Teologis Pembenaran Oleh Iman Dalam Surat Roma.” Jurnal Teologi Cultivation 5, no. 2 (2021): 103–119.

Sproul, R. C. Kebenaran-Kebenaran Dasar Iman Kristen. Malang: Seminari Alkitab Asia Tenggara, 2015.

Tanudjaja, Rahmiati. Spiritualitas Kristen Dan Apologetika Kristen. Malang: Seminari Alkitab Asia Tenggara, 2018.

Walter Bauer, W. F. Arndt, F. W. Gingrich, and F. W. Danker. A Greek-English Lexicon Of The New Testament And Other Early Christian Literature. Third Edit. Chicago: The University Of Chicago Press, 2000.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i1.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com