Metode dan Peran Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen Di SMA Negeri 1 Air Batu, Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri (SMAN) 1 Air Batu- Kab. Asahan- Sumatera Utara, Indonesia. Untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Untuk mengetahui Kualitas Pendidikan Agama Kristen di SMAN 1 Air Batu. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif dan presentase, yaitu suatu penenlitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh untuk mengetahui peningkatan kualitas pendidikan agama Kristen pada sekolah tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya Peranan Supervisi Pendidikan dalam meingkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen di SMAN 1 Air Batu melalui wawancara yang dilakukan peneliti secara langsung dengan kepala sekolah yang mengemukakan bahwa “Dengan adanya supervisi pendidikan yang dilakukan kepala sekolah atau supervisor dapat membantu membimbing guru dalam membentuk karakteristik, menyusun metode atau strategi pembelajaran. Intinya supervisi pendidikan bertujuan membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran.” Dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dapat dikategori bahwa dengan adanya supervisi dapat membantu supervisor dengan mudah dalam memperbaiki dan mengoreksi setiap kekurangan yang ada agar dapat melihat sudah sejauh mana peningkatan kualitas pendidikan yang ada pada sekolah tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, (2013), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ahmad Azhari, (2004), Supervisi Rencana Program Pembelajaran, Ciputat: Rian Putra
Anas Sudijono, (2001), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
H.E. Mulyasa, (2012), Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Lexy, J. Moleong, (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mukhtar dan Iskandar, (2009), Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada.
Oditha R. Hutabarat, (2006), Model-Model Penilaian, Bandung: Bina Media Informasi
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Rifai, (1986), Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars
Sahertian, A.P. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:Rineka Cipta
Siburian, Donny, Agama Kristen dan Hoax: Peran Agama Kristen dalam Menekan Hoax. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual BIA, Vol 4 No.2 (2021)
Sri Banun Muslim, (2010), Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: CV Alfabet
Team Diklat Sertifikasi Pengawas Guru PAK, (2010), Buku Panduan Diklat, Jakarta: LPTK STT Jakarta
DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i2.1747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com