Metode dan Peran Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen Di SMA Negeri 1 Air Batu, Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara

Nerti Sidabutar, Debora Inda Violita Praing, Bernadetha Nadeak, Lamhot Naibaho

Abstract


 Abstrak

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri (SMAN) 1 Air Batu- Kab. Asahan- Sumatera Utara, Indonesia. Untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Untuk mengetahui Kualitas Pendidikan Agama Kristen di SMAN 1 Air Batu. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif dan presentase, yaitu suatu penenlitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh untuk mengetahui peningkatan kualitas pendidikan agama Kristen pada sekolah tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya Peranan Supervisi Pendidikan dalam meingkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen di SMAN 1 Air Batu melalui wawancara yang dilakukan peneliti secara langsung dengan kepala sekolah yang mengemukakan bahwa “Dengan adanya supervisi pendidikan yang dilakukan kepala sekolah atau supervisor dapat membantu membimbing guru dalam membentuk karakteristik, menyusun metode atau strategi pembelajaran. Intinya supervisi pendidikan bertujuan membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran.” Dari hasil wawancara dengan  kepala sekolah dapat dikategori bahwa dengan adanya supervisi dapat membantu supervisor dengan mudah dalam memperbaiki dan mengoreksi setiap kekurangan yang ada agar dapat melihat sudah sejauh mana peningkatan kualitas pendidikan yang ada pada sekolah tersebut.

 

 


Keywords


supervisi pendidikan, kualitas pendidikan agama kristen

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, (2013), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ahmad Azhari, (2004), Supervisi Rencana Program Pembelajaran, Ciputat: Rian Putra

Anas Sudijono, (2001), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada

H.E. Mulyasa, (2012), Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Lexy, J. Moleong, (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mukhtar dan Iskandar, (2009), Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada.

Oditha R. Hutabarat, (2006), Model-Model Penilaian, Bandung: Bina Media Informasi

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Rifai, (1986), Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars

Sahertian, A.P. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:Rineka Cipta

Siburian, Donny, Agama Kristen dan Hoax: Peran Agama Kristen dalam Menekan Hoax. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual BIA, Vol 4 No.2 (2021)

Sri Banun Muslim, (2010), Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: CV Alfabet

Team Diklat Sertifikasi Pengawas Guru PAK, (2010), Buku Panduan Diklat, Jakarta: LPTK STT Jakarta




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i2.1747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com