Dampak Profesionalisme Guru Pak Terhadap Disiplin Dan Prestasi Belajar Siswa

Rida Gultom, Marlinawati Situmorang, Warseto Freddy Sihombing

Abstract


Abstrak:

Peran guru merupakan satu dari beberapa faktor penentu bagi kemajuan suatu lembaga Pendidikan (sekolah), di mana guru sebagai pemimpin yang harus mengatur, mengawasi, membina, dan mengelola seluruh kegiatan proses pembelajaran serta tinggi rendahnya mutu pendidikan; guru berada dalam lingkungan formal adalah sebagai pelaksana pendidikan dan pencipta Sumber Daya Manusia. Guru secara langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan nilai-nilai positif yang bersifat kristiani melalui pengajaran, bimbingan, keteladanan. Dengan metode kualitatif-deskriptif penelitian ini menjabarkan bahwa terdapat dampak profesionalisme guru dalam menghasilkan disiplin dan prestasi siswa di sekolah.

Katakunci: profesionalisme; guru PAK; disiplin; prestasi

 

Abstract:

The teacher’s role is one of several determining factors for the progress of an educational institution (school), where the teacher as a leader must regulate, supervise, foster, and manage all activities of the learning process as well as the high and low quality of education; teachers who are in a formal environment are as implementers of education and creators of Human Resources. Teachers directly deal with students to transfer knowledge and positive Christian values through teaching, guidance, and example. Using a qualitative-descriptive method, this research describes that there is an impact of teacher professionalism in producing discipline and student achievement in schools.

Keywords: professionalism; PAK teacher; discipline; achievement


Full Text:

PDF

References


Baker, W. J. P. E. L. (1981). Bagaimana Mengajar Secara Sistematis. Kanisius.

Belandina, J. (2005). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD-SMA. Bina Media Informasi.

Hardiwiratno. (1994). Menuju Keluarga Bertanggung Jawab. Obor.

Hutabarat, E. P. (1988). Cara belajar. BPK Gunung Mulia.

Ismail, A. (1999). Ajarlah Mereka Melakukan. BPK Gunung Mulia.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W. J. S. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Rosda Remaja Karya.

Rohmanto, Z. A. E. (2007). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Yrama Widya.

Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru. Yrama Widya.

Sijabat, B. S. (2000). Menjadi Guru Profesional: Sebuah Prespektif Kristiani. ANDI OFFSET.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i1.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com