Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PAK Siswa

Lince Rauli Ture Simamora, Lilis Sulastri Manalu

Abstract


Abstract:

This study aims to determine the effect of the Jigsaw Learning Model on students' PAK learning outcomes. With the hypothesis that there is a positive and significant effect between the Jigsaw Learning Model on students' PAK learning outcomes. .research population amounted to 125 people and research samples taken 36% totaling 45 people. Data were collected using a closed questionnaire of 39 items compiled by researchers based on variable indicators according to expert theory. .instrument testing was conducted on 37 students who were not research respondents whose validity and reliability had been tested..The results of data analysis show that there is a positive and significant effect with a coefficient of determination (r2) = 48.58% and a significant test of effect is obtained tcount> ttable of 21.97>1.681, thus it can be concluded that H0 is rejected and Hα is accepted.

Keywords: Jigsaw Learning Model, Students' PAK Learning Outcomes 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil belajar PAK siswa . Dengan hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil belajar PAK siswa . Populasi penelitian berjumlah 125 orang dan sampel penelitian diambil 36% berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 39 item yang disusun peneliti berdasarkan indikator variabel sesuai teori ahli. Uji coba instrumen dilakukan kepada 37 orang siswa yang bukan responden penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  dengan koefisien determinasi (r2) = 48,58% dan uji signifikan pengaruh diperoleh thitung>ttabel sebesar 21,97>1,681, dengan demikian dapat disimpulkan H0 ditolak dan Hα diterima.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar PAK Siswa

 


Full Text:

PDF

References


Abdul majid,2011. perencanaan pembelajaran, Bandung : Remaja rosdakarya.

Arikunto. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

_________ 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aris Shoimin, Aris . 2016. 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati. 2015. Belajar dan pembelajar. jakarta :Rineka Cipta.

Djamarah . 2011. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. jakarta : Rineka Cipta.

Homrighausen dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. jakarta :BPK Gunung Mulia.

Hutabarat, Oditha. 2004. Model-model penilaian Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA/SMK. Bandung :Bina Media Informasi.

Munadi.2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Perss.

Nainggolan .2007. Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung : Bima Media Informasi.

Nana, Sudjana, 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nurkancana. 2005. Evalusi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto. 2017. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran, prospect. Bandung: Holistica.

Syaiful bahri djamarah, 2010. Guru &anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i1.1488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com