PERANAN GURU PAK SEBAGAI KOMUNIKATOR DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF KEPADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI I SIATAS BARITA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Tianggur Medi Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Guru PAK dalam meningkatkan  komunikasi yang efektif kepada siswa kelas XI SMK negeri I Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan dalam penelitian ini adalah angket. Data tersebut diolah sesuai dengan kaidah teknik deskriftif. Seluruh siswa Kelas XI sebanyak 280 orang menjadi objek penelitian, dengan sampel 15% dari jumlah populasi yang dilakukan secara acak atau random sehingga didapat sampelnya sebanyak 42 orang dan sebagai bahan uji coba angket 10 orang diluar responden. Instrumen yang digunakan angket tertutup yang terdiri dari 25 item yang disusun sendiri oleh penulis, validitas angket diuji dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson diperoleh rhitung > rtabel (0,689 -0,941)  > 0,632) sehingga instrumen valid dan reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha. Uji coba menyatakan angket valid dan reliabel dengan tingkat reliabilitasnya 0, 995 terdapat pada korelasi  tinggi. Berdasarkan analisis data diperolah hasil bahwa “Peranan Guru PAK sebagai Komunikator dalam Meningkatkan  Komunikasi yang Efektifkepada siswa kelas XI SMK Negeri I Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2017/2018 berada pada kategori baik dengan nilai 3,29, dengan demikian hipotesa penelitian diterima.

Kata Kunci : guru PAK, komunikasi yang efektif


Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. (1989). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

________ (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, O. U. (1990). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Gunarsa, S. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Kristianto, L. P. (2006). Prinsip dan Praktek PAK. Yogyakarta: ANDI

LAI. Alkitab.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Manullang, M. (2004). Pedoman Teknis Menyusun Skipsi. Yogyakarta: ANDI.

Nasution, S. (1987). Metode Reseach. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Nurkanca. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siahaan, S. M. (1991). Komunikasi : Pemahaman dan Penerapannya. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Sidjabat, B. S. (2009). Mengajar Secara Profesional : Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Seokanto, S. (2004). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumanto. (1990). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: ANDI.

Sumiyatiningsih, D. (2006). Mengajar Dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: ANDI.

Wursanto. (1987). Etika Komunikasi Kantor. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v2i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com