Menggali Hikmah Kepemimpinan Mendalam dari Perumpamaan Tentang Talenta dalam Matius 25:14-30

Samuel Herman, Citra Mirani Lasakar

Abstract


Penelitian ini menggali hikmah mendalam yang terkandung dalam perumpamaan Talenta, dengan fokus pada aspek tanggung jawab, pelayanan, dan kesetiaan dalam kehidupan Kristiani. Dalam perumpamaan ini, Yesus mengilustrasikan tiga hamba yang diberikan talenta oleh tuannya. Kami berpendapat bahwa konteks teologis dan budaya dari perumpamaan ini secara tegas menunjukkan pentingnya memanfaatkan karunia yang diberikan Tuhan dengan setia, seiring dengan peringatan akan akibat ketidaksetiaan dan kelalaian dalam pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implikasi mendalam dari perumpamaan ini bagi kehidupan Kristiani dan mendorong penerapan prinsip-prinsip tersebut dalam pelayanan sehari-hari. Metode penelitian melibatkan analisis eksposisi teks, kajian konteks budaya dan teologis, serta penafsiran teks dengan pendekatan eksegetis. Temuan penelitian menggambarkan bahwa perumpamaan ini mengajarkan pentingnya kesetiaan dalam pelayanan dan tanggung jawab dalam memanfaatkan karunia-karunia yang diberikan Tuhan. Implikasi dari penelitian ini merangsang refleksi dan tindakan dalam kehidupan pelayanan Kristiani, mengingat urgensi pemanfaatan karunia-karunia yang diberikan untuk kemuliaan Tuhan dan kemajuan Kerajaan Sorga.

Keywords


karunia; kemuliaan; pelayanan; pertanggungjawaban; perumpamaan

References


Baskoro, P. K., & Anggiriati, I. (2021). Keterkaitan Kedewasaan Rohani Dengan Penatalayanan Yang Maksimal Dalam Gereja Dan Dunia Market Place. LOGIA: Jurnal Teologi Pentakosta, 2(2), 32–51.

Candrawati, C. (2021). Manajemen Keuangan Dalam Perspektif Iman Kristen Bagi Lembaga-lembaga Kristen. Missio Ecclesiae, 10(2). https://doi.org/10.52157/me.v10i2.144

Caram, P. G. (2020). Kekristenan Sejati. Vol. 1. Zion Christian Publishers.

Caram, R. D. G. (2022). Kotbah di Bukit.

Cicilia. (2021). Pentingnya Pemahaman Talenta dalam Menumbuhkan Minat Pelayanan Remaja. EULOGIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 16–28.

Engel, J. D. (2020). Pendampingan Pastoral Keindonesiaan. Kurios, 6(1). https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.153

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Gibbs, E. (2010). Kepemimpinan Gereja Masa Mendatang. BPK Gunung Mulia.

Gulo, M. (2021). Hamba yang Baik dan Setia Refleksi Kesetiaan dalam mengerjakan tanggung jawab pelayanan (Matius 25: 14-30). In Kesetiaan Yang Memahat Hati (pp. 64–78). BPK Gunung Mulia.

Hadiwitanto, H. (2017). Metode Kuantitatif dalam Teologi Praktis. GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Filsafat Keilahian, 2(1), 1–22.

Harianto, G. P. (2021). Teologi Pastoral: Pastoral Sebagai Strategi Penggembalaan Untuk Menuju Gereja Yang Sehat Dan Bertumbuh. PBMR Andi.

Hutahayan, B. (2023). Kepemimpinan dan Inovasi: Studi Pada Pemuda Gereja. Deepublish.

Kailuhu, C. D., & Damita, Y. (2022). Prinsip Kepemimpinan Berdasarkan Matius 25:14-30 Sebagai Landasan Bagi Guru Sebagai Pemimpin dalam Dunia Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(3). https://doi.org/10.59404/ijce.v2i3.112

LETS, S., & Wuisam, T. (2018). Pengaruh Konsepsi Waktu dan Motivasi Terhadap Pembangunan Pemimpin Baru di GpdI. Jurnal Pembaharu, 4(1), 51.

Nainupu, A. M. Y., & Emiyati, A. (2020). Kunci Keberhasilan Seorang Anak Dalam Pemaparan Alkitab. Didache: Journal of Christian Education, 1(2). https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.329

Niansari, R. M., & Arifan, J. (2021). Aplikasi Talenta (Matius 25: 14-30) Dalam Misi Kristen Melalui Media Sosial Facebook. FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 130–143.

Rupa’, C. S. (2016). Ciri Khas Seorang Gembala Berdasarkan Perspektif 1 Petrus 5:1-4. Jurnal Jaffray, 14(2). https://doi.org/10.25278/jj.v14i2.198.165-188

Salmon Ephraim Ngesthi, Y., & Ming, D. (2022). Shepherd ’s Role In Stewardship Church During the Covid-19 Pandemic. Journal Of World Science, 1(3). https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.20

Setiawan, D. (2021). Social Entrepreneurship. VISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen, 3(1), 40–62.

Siahaya, J. (2011). Introduksi Perjanjian Baru. Departemen Literatur YPPII.

Sirait, R. R. (2021). 123 OKE Outline Khotbah Ekspositori. PBMR ANDI.

Siregar, N., Munthe, B., Pasaribu, S., Samosir, D., Silalahi, J., & Sirait, P. E. (2019). Etika Kristen.

Stevanus, K. (2020). Karya Kristus Sebagai Dasar Penginjilan Di Dunia Non-Kristen. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 3(1), 1–19.

Sum, S. J. (2007). The Secret & Purpose Driven Life. Gradien Mediatama.

Sundelebu, I. (2020). Kajian Biblika Tentang Hamba Yang Berguna Berdasarkan Matius 25: 14-30 Dan Aplikasinya Dalam Market Place. Mathetes: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 101–116.

Susabda, Y. B. (2021). Mengenal dan bergaul dengan Allah. PBMR ANDI.

Talan, Y. E., & Siboro, V. (2022). Mengkaji Panggilan Dan Pelayanan Nabi Yeremia Dalam Konteks Kitab Yeremia Dan Implementasinya Bagi Pelayanan Hamba Tuhan Masa Kini. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(1), 82–99.

Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Industri 4.0. INSTITUTIO: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2). https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243

Weber, M. (2019). Sosiologi Agama. IRCiSoD.

White, J. F. (2011). Pengantar Ibadah Kristen. BPK Gunung Mulia.

Zega, S. (2019). Pentingnya Memahami Entrepreneurship Secara Biblikal Bagi Hamba Tuhan. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 1(2), 118–132.




DOI: https://doi.org/10.46965/jtc.v8i2.2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Samuel Herman, Citra Mirani Lasakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 LP2M IAKN Tarutung

Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: jurnalteologicultivation@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.