Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa
Abstract
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya persentase Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 271 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 69 orang yaitu 25% dari jumlah populasi. Data dikumpulkan dengan angket tertutup positif sebanyak 32 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa analisis Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan persentase sebesar 89,20% ³ 75% dibuktikan dengan uji t dimana diperoleh thitung> ttabel (α=0,05;dk=n-2=67) yaitu sebesar 21,863 > 1,671. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha: Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Dolok sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Ajaran 2021/2022 ³ 75% dari yang diharapkan diterima.
Kata Kunci: model pembelajaran think talk write, keaktifan belajar, siswa
Abstract:
The purpose of this study was to determine the proportion of the use of the Think Talk Write (TTW) learning model in increasing the learning activity of Christian Religious Education Class VII students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency, for the Academic Year 2021/2022. The method used in this research is descriptive quantitative method. The population is all seventh grade students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency, for the 2021/2022 academic year which opens 271 people and sets a sample of 69 people, which is 25% of the total population. Data were collected using a positive closed questionnaire of 32 items. The results of data analysis show that the analysis of the use of the Think Talk Write (TTW) Learning Model in increasing the Learning Activity of Christian Religious Education Class VII students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency for the Academic Year 2021/2022 with a percentage of 89.20% 75% evidenced by the t test where the obtained tcount> ttable (α=0.05; dk=n-2=67) which is equal to 21.863 > 1.671. Thus H0 is rejected and Ha: Analysis of the Use of Think Talk Write (TTW) Learning Model in increasing the Learning Activity of Christian Religious Education Class VII students of SMP Negeri 2 Doloksanggul, Humbang Hasundutan Regency for the Academic Year 2021/2022 75% of the expected acceptance.
Keywords: learning model, think talk write, active learning, student
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alkitab. Lembaga Alkitab Indonesia. Jakarta
Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Boehlke, Robert. 2011. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2017. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2012. PendekatanBaru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Andi.
Homrighausen, E. G dan Enklaar.2011.Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Huda, Mithaful. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Istarani. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.
Kristianto, Lilik, Paulus. 2008. Prinsip dan Praktik Pendidikan AgamaKristen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ngalimun. 2017. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Priansa, Juni. 2017. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Priece, J.M. 1997. Yesus Guru Agung. Bandung: Literatur Babtis.
Putri, Anjani 2019. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama.
Riduwan.2010.Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran (sebuah Pengajaran Menuju Guru Profesional). Jakarta: Rineka Cipta.
Simorangkir, Junjungan. 2021. Percakapan antara Yesus dan Nikodemus. Tarutung: IAKN Press.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Sudjana. 2010. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Talizaro Tafonao,”Yesus Sebagai Guru Teladan dalam Masyarakat Berdasarkan PerspektifInjil Matius”,Available online at:http://Journal.uinsgd.ac.id/ 0index.php/kt khazanah Theologia 2, no 1:57-58
Uno, Hamzah. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Yamin, Martinis.H. 2010. Kiat Membelajarkan siswa. Jakarta: Gunung Persada.
DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i1.989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id