Peran Guru PAK Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI Perkantoran SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PAK Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMK Dharma Bhakti Kantor Walter Manalu Siborongborong Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis penelitian adalah Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMK Dharma Bhakti Perkantoran Walter Manalu Siborongborong Tahun Ajaran 2019/2020 > 75% dari populasi yang diharapkan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Perkantoran. SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 146 orang. Sampel penelitian ditentukan secara wrandom sampling (acak) sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji diperoleh thitung 17,31 > ttabel = 2,024. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Pencapaian peran guru PAK dalam meningkatkan kecerdasan emosional Siswa kelas XI SMK Swasta Dharma Bakti perkantoran walter manalu siborongborong tahun pelajaran 2019/2020 adalah 3.495 dalam kategori baik dengan persentase besar 87,37% sedang dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, guru PAK.
Abstract:
This study aims to determine the Role of PAK Teachers In Improving The Emotional Intelligence of Class XI Students of Dharma Bhakti Vocation School Office Walter Manalu Siborongborong In The Academic Year 2019/2020. The research hypothesis is the Role of Teacher PAK in improving the emotional intelligence of class XI Students of Dharma Bhakti Vocation School Office Walter Manalu Siborongborong In The Academic Year 2019/2020> 75% og the expected the study population was all students of class XI office of SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong In The Academic Year 2019/2020 totaling 146 people. The research sample was determined by random sampling (random) as many as 40 people. This research uses inferential descriptive quantitative method. the instrumen used in this research was a quetionnaire. hypothesus test using test rumus obtained thitung 17,31 > ttabel = 2,024. This means that H0 is rejected an Ha is accepted. The achievement of the role of PAK teachers in increasing emotional intelligence of class XI Students of the Dharma Bakti private vocation school office walter manalu siborongborong in the 2019/2020 academic year was 3,495 in the good category with a large percentage of 87,37% being in the very good category.
Keywords: improve emotional intelligence, PAK’s Teacher
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Annurahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Boehlke, Robert R. 2003. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Dalyono, M., 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darwis Hude. M. 2006. Emosi. Penjajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia di dalam Alquran. Jakarta: Erlangga.
Demunisa, Khalilah. 2014. Ngaku Gaul Kok Galau. Yogyakarta: PT Benteng Pustaka
Ginanjar Agustian, Ary. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ). Jakarta: Arga
Goleman, Daniel. 2007. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
______________2010. Working with Emotional Intelligence
Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, John. & Joan De Claire, 1999. The Heart of Parenting, Terj. T. Harmaya, Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan
Emosional, Jakarta: PT. Gramedia, Cet.IV
G.P. Haryanto. 2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI
Hamid, Azhar. 2007. Panduan Meningkatkan Kecerdasan Emosi. Kuala Lumpur: PTS Professional
Homrighausen dan Enklaar. 2011. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Iswidharmanjaya, Derry. 2014. Satu Hari Menjadi Percaya Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Izzan, Ahmad. 2014. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora.
Kasdu, Dini. 2004. Anak cerdas. Depok: Puspa Swara
Lase, Jason. 2003. Motivasi, Berprestasi, Kecerdasan Emosional Percaya Diri dan Kinerja. Jakarta: FKIP-UKI
Nainggolan, J. M. 2008. Strategi Pendidikan Kristen. Jakarta: Generasi Info Media
Ryanto, Theo dan Heru Susanto. Mau bahagia?. Yogyakarta: Kanisius. Halaman 55 (Kecerdasan emosional)
Safaria, Triantoro dan Rahardi, Kunjana. 2004. Menjadi Pribadi Berprestasi. Yogyakarta: Grasindo
Savitri, Intan. 2011. Kenali Emosi. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung; Yayasan Kalam Hidup.
Soetjipto dan Kosasi, Raflis. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: KENCANA
Tridhonanto, Al. 2010. Meraih Kesuksesan dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wardan, Khusnul. 2019. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: CV Budi Utama
Wispandono, Moch. Menguak Kemampuan Pekerja Migran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
W. Gunawan, Adi. 2011. Born To Be a Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Telaumbanua, Arozatulo Vol.1 No.2 (December 2018):219-23. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.
Intarti, Esther Rela. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei. Volume I Nomor 2 Tahun 2016.
DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i2.453
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id