Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Metode Problem Solving Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2020/2021
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui besarnya pengaruh pembelajaran daring dengan metode problem solving terhadap minat belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikanantara pembelajaran daring dengan metode problem solving terhadap minat belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaranyang beragama Kristen Protestan Tahun Pembelajaran 2020/2021 sebanyak 216 orang Pengambilan sampel secara acak (random sampling) yaitu 20%yaitu42orang. Instrumen penelitian ini adalah berupa angket tertutup.
Hasil analisis nilai rhitung=0,639>rtabel=0,304 dan thitung=5,254>ttabel=2,021 menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pembelajaran daring dengan metode problem solvingdengan minat belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2020/2021 dan memperoleh keberartian persamaan regresi sederhana yaitu . Uji hipotesis diperoleh Fhitung=27,598>Ftabel=1,51makaH0 ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikanantara pembelajaran daring dengan metode problem solving terhadap minat belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2020/2021 sebesar 40,83%. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, penulis memberi bahan masukan bagi guru PAK untuk meningkatkan penerapan metode problem solvingdalam pembelajaran daring supaya minat belajar Pendidikan Agama Kristen siswa meningkat.
Kata Kunci: Metode Problem Solving, Minat Belajar.
Abstract. This study aims to determine the magnitude of the influence of online learning with problem solving methods on the interest in learning Christian Religious Education in class X SMA Negeri 1 Pagaran in the 2020/2021 learning year. The research hypothesis is that there is a positive and significant influence between online learning with problem solving methods on the interest in learning Christian Religious Education in class X SMA Negeri 1 Pagaran in the 2020/2021 learning year.
This research is a correlational study using descriptive and inferential statistical techniques. The population was all 216 students of class X SMA Negeri 1 Pagaranyang who are Protestant Christians in the 2020/2021 academic year. Random sampling was 20%, namely 42 people. The research instrument was a closed questionnaire.
The results of the analysis of the value of rhitung = 0.639> rtabel = 0.304 and tcount = 5.254> t table = 2.021 showed that there was a relationship between online learning and problem solving methods with the interest in learning Christian Religious Education in class X SMA Negeri 1 Pagaran in the 2020/2021 learning year and the meaning of the equation simple regression ie. Hypothesis testing obtained Fcount = 27.598> Ftable = 1.51, then H0 is rejected and Ha is accepted. This study concludes that there is a positive and significant influence between online learning with problem solving methods on the interest in learning Christian Religious Education in class X SMA Negeri 1 Pagaran for the 2020/2021 academic year of 40.83%. In connection with the results of this study, the authors provide input for PAK teachers to improve the application of problem solving methods in online learning so that students' interest in learning Christian Religious Education increases.
Keywords: Problem Solving Method, Learning Interest.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali Sadikin,2020, Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 (print) Volume 6, Nomor 02,.
Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Penekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi.2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta:Deepublish
Djamarah, Syaiful Bahri.2011. Psikologi Belajar.Jakarta: RinekaCipta
Djamarah, Syaiful Bahri.2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: RinekaCipta
Enklaar,I.H.& E.G Homrighausen.2009 . Pendidikan Agama Kristen.Jakarta. BPK Gunung Mulia
Harianto.2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini.Yogyakarta: Andi
Khairani, Makmun.2017. PsikologiBelajar. Yogyakarta: AswajaPressindo
Kristianto,Paulus Lilik.2008. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen.Yogyakarta:Andi
Ni KetutPutri.Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP.Jurnal IKA Vol.17, No.1 Maret 2019, ISSN 1829-5282
Parwati, Ni Nyoman. I Putu Pasek Suryawan,Ratih Ayu Apsari 2018. Belajar dan Pembelajaran.Depok: Rajawali Pers
Pohan, Albert Afendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.Purwodadi-Grobogan: CV Sarnu Untung
Priansa,Juni Donni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran.Bandung:Cv Pustaka Setia
Price.J.M.2011 Yesus Guru Agung.Bandung: Lembaga Literatur Baptis
Putria, Hilna.Luthfi Hamdani Maula, & Din Azwar Uswatun 2020.Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar: Jurnal BasiceduVol 4 No 4 Tahun 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Sabri,Ahmad.2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching.Ciputat: Quantum Teaching
Sanjaya,Wina.2008.Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers
Shoimin, Aris.2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana,Nana.2002. Metode Statistik. Bandung:Tarsito
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung:Alfabeta
Syaputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi:Haura Publishing
DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id