Pengaruh Kinerja Dosen dan Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi S2 MPK Pascasarjana IAKN Tarutung

Pasu J. P. Rajagukguk

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji seberapa pengaruh kinerja dosen dan pelayanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa di prodi S2 Manajemen Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Untuk melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 30 orang mahasiswa. Setelah data diolah didapatkan bahwa kinerja dosen paedagogis sebesar 15,70%, kepribadian sebesar 15,90%, Profesional sebesar 19,40% dan sosial sebesar 7,60%. Sedangkan untuk pelayanan administrasi tangibles sebesar 14,40%, responsiveness sebesar 14,60%, reability sebesar 7,57%, emphaty sebesar 7,90% dan assurance sebesar 7,90%. Berdasarkan hasil data yang dianalisis uji t bahwa variabel kinerja dosen secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dengan t hitung sebesar 2,871 > t tabel sebesar 2,0518 dengan nilai sig sebesar 0,008 < nilai alpha 0,05. Pada variabel pelayanan administrasi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,488 > t tabel sebesar 2,0518 dengan nilai sig  0,002 < nilai alpha 0,05. Pada hasil uji f penelitian ini memperoleh f hitung sebesar 19,791  dan nilai sig sebesar 0,000 < nilai alpha 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Koefisien determinasi sebesar 0,594 yang berarti variabel kinerja dosen (X1) dan pelayanan administrasi (X2) mampu mempengaruhi kepuasan mahasiswa sebesar 59,40% dan selebihnya 40.60% dipengaruhi oleh factor lain. Model persamaan regresi linear berganda Y=2,163+0,281X1+0,479X2+e. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja dosen secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. oleh sebab itu, adanya kinerja dosen dan pelayanan administrasi yang berkualitas merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa.

Keywords


kinerja pegawai; pelayanan administrasi; kepuasan mahasiswa

References


Arikunto, Suharsimi. 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djoko Santoso, 2010, Manajemen Pendidikan Tinggi: Bandung, ITB Bandung:

Everitt, G. S., & Howell, D. C. 2016, Statistics for psychology (6th ed.). Pearson MA, Boston.

Locke, W., Silverman, S. J., & Spirduso, W. 2015, Proposals that work: A guide for planning dissertations and grant proposals (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Moeheriono. 2012, “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Bandung, Rajagrafindo persada.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grasindo Persada

Sudjana, Nana. 2012, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo,Suparno.2015,”Manajemen Pengembangan Sumber Daya manusia”. Yogyakarta: Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v22i1.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id